Kihajar Hadir Beri Ruang Kemerdekaan bagi Siswa dan Guru dalam Proses Belajar yang Menyenangkan

- Minggu, 28 November 2021 | 12:18 WIB
Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Muhamad Hasan Chabibie saat Taklimat Media secara virtual. (suaramerdeka.com/Prajtna Lidyasari)
Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Muhamad Hasan Chabibie saat Taklimat Media secara virtual. (suaramerdeka.com/Prajtna Lidyasari)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Muhamad Hasan Chabibie mengatakan, bahwa Kihajar hadir untuk memberi ruang kemerdekaan bagi siswa dan guru dalam proses belajar agar lebih menyenangkan dan maksimal.

Aktivitas ini, lanjut Hasan, senapas dengan semangat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim di mana guru belajar hal baru tentang teknologi dan dapat memeroleh akses dan pelatihan yang praktis dan relevan menjawab kebutuhan pembelajaran abad 21.

"Ini bagian ikhtiar kita menjaga nyala api pembelajaran dengan menghadirkan konten digital yang bisa diakses guru-guru kita," ujarnya pada Taklimat Media secara virtual di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga: Jaga Ekosistem Perairan, Mahasiswa KKN Mandiri Misi Khusus BPI UIN Walisongo Tanam Mangrove

Hasan menjelaskan tantangan pembelajaran ke depan akan semakin besar.

Oleh karena itu, pendayagunaan teknologi informasi di dunia pendidikan diharapkan bisa makin optimal, seiring pembelajaran hibrida antara tatap muka terbatas dan jarak jauh akan berjalan.

"Kihajar adalah wadah eksplorasi digital bagi siswa seluruh jenjang lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, pendayagunaan TIK, dan pendidikan karakter," terangnya.

Baca Juga: Rayakan Hari Jadi ke-36, SMP N 29 Semarang Tanam Pohon Mundu

Untuk itu, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek menggelar Malam Anugerah Kihajar 2021, suatu puncak apresiasi sejumlah kegiatan dan kompetensi pembelajaran yang memanfaatkan TIK secara hibrida, Kamis, 25 November 2021 di Jakarta.

Hasan mengakui bahwa program Kihajar terbuka bagi seluruh peserta didik, guru, mahasiswa, dan umum di seluruh Indonesia yang peduli pendidikan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTM SMP 100 Persen, Disdik Imbau Tetap Prokes Ketat

Senin, 10 Januari 2022 | 19:09 WIB

SDN Cebongan 01 Juara Lomba Administrasi Gudep Pramuka

Senin, 27 Desember 2021 | 07:15 WIB
X