Implementasikan PTMT, Prihatin Raih Penghargaan Guru SMP Inspiratif Nasional

- Jumat, 26 November 2021 | 07:45 WIB
Guru SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga, Prihatin Suryaningtyas saat menerima penghargaan. (suaramerdeka.com / dok SMP Muhammadiyah Plus)
Guru SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga, Prihatin Suryaningtyas saat menerima penghargaan. (suaramerdeka.com / dok SMP Muhammadiyah Plus)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Salah satu pengajar SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Prihatin Suryaningtyas SPd, meraih penghargaan Guru SMP Inspiratif Tingkat Nasional.

Penghargaan diumumkan Kemendibudristek pada acara Apresiasi GTK Pendidikan Dasar Inspiratif Tahun 2021 di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta, Rabu (24/11) malam.

Penghargaan diberikan kepada guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi dari seluruh Indonesia, bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional.

Prihatin mengikuti lomba dengan mengirimkan praktik terbaiknya dalam mengimplementasikan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) untuk mengatasi learning loss, dalam bentuk video dan naskah video praktik terbaik.

Baca Juga: Direktur Diktis Harap INISNU Temanggung Perkuat Inklusivisme dan Moderasi Beragama

Sebagai pengampu mata pelajaran IPA, Prihatin membuat Science Hy-Dul. Science Hy-Dul (Hybrid Modul) merupakan media pembelajaran dalam bentuk modul, yang disusun berbasis daring dan luring.

Modul ini berisi materi pembelajaran yang disajikan secara cetak (pdf), online (google doc), dan dilengkapi dengan konten video pembelajaran "Kursi Biru" yang dikemas secara menarik dalam youtube dan lainnya, yang dimasukkan dalam barcode ataupun link.

Hy-Dul merupakan inovasi media pembelajaran berbasis literasi dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan literasi, meningkatkan keterampilan TIK, dan penanaman karakter Profil Pelajar Pancasila.

''Secara sistematika, modul ini berisi kolom pre-test. Materi yang disusun dengan pemberian stimulus teks ataupun diskusi terbimbing dan barbasis HOTS, kegiatan praktikum, pencatatan hasil praktikum, proyek yang dihasilkan, dan refleksi pembelajaran,'' kata Prihantin, kemarin.

Baca Juga: Ini Manfaat Lumut Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.222 Guru Ikuti Uji Pengetahuan PPG

Selasa, 7 Desember 2021 | 22:27 WIB
X