Field Study, Mahasiswa S2 UIN Raden Mas Said Pelajari Tata Kelola Pesantren Sabilul Khoirot

- Jumat, 26 November 2021 | 07:00 WIB
Mahasiswa pasca sarjana UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar field study ke ponpes Sabilul Khoirot. (suaramerdeka.com / dok Sabilul Khoirot)
Mahasiswa pasca sarjana UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar field study ke ponpes Sabilul Khoirot. (suaramerdeka.com / dok Sabilul Khoirot)

TENGARAN, suaramerdeka.com - Belasan mahasiswa pasca sarjana Universitas Islam Negeri atau UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar field study ke Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran Kabupaten Semarang, belum lama ini.

Kunjungan mahasiswa kelas Manajemen Pendidikan Islam (MPI) ini bertujuan untuk mengetahui sejarah dan pengelolaan lembaga pendidikan pesantren Sabilul Khoirot yang kini telah berkembang dan memiliki berbagai unit sekolah, klinik, bahkan bidang usaha.

Didampingi dosen pembimbing, Drs. H. Supriyanto, M.Pd mahasiswa pasca sarjana UIN Raden Mas Said Surakarta ini fokus mempelajari tata kelola unit usaha di yayasan.

Sebagaimana diketahui bahwa salah satu bagian di YPI Sabilul Khoirot Tengaran memiliki Direktorat Usaha yang mengembangkan minimarket Nurismart, kantin sekolah, jasa konstruksi dan pengadaan barang serta seragam.

Baca Juga: Komunitas Diajeng Semarang Nonton Bioskop Berkebaya, Film Losmen Bu Broto Jadi Inspirasi

Disampaikan oleh direktur usaha YPI Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran, Sri Suwarsi, A.Md bahwa adanya direktorat usaha ini diharapkan mampu menopang berbagai program kegiatan di yayasan.

Peserta kunjungan tertarik dengan progress perkembangan lembaga ini yangmana berawal dari Pondok Pesantren Sabilul Khoirot, lalu secara bertahap mendirikan unit Sekolah Islam Terpadu (SIT) mulai tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA dan MA Nurul Islam.

Saat ini di yayasan selain Direktorat Usaha juga terdapat Direktorat Kesehatan yang menyediakan UKS dan Klinik Nurul Islam.

Baca Juga: Suara Merdeka Network Sapa dan Perkenalkan Diri kepada HMIKS

"Kondisi yayasan yang ada saat ini tentu telah melalui proses panjang dan bertahap. Dan pastinya kami akan selalu berbenah menuju yang lebih baik."

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ita: Mahasiswa Unika Bantu Turunkan Angka Covid-19

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:25 WIB
X