IISMA Wujudkan Impian Mahasiswa untuk Kuliah ke Luar Negeri, Tawarkan Berbagai Jurusan

- Kamis, 25 November 2021 | 09:24 WIB
Ketua Sub Pokja IISMA Junaidi duduk berdampingan dengan Kepala Kantor Urusan Internasional Anggun Puspitarini Siswanto pada seminar Pelatihan Soft Skills.  (suaramerdeka.com / dok)
Ketua Sub Pokja IISMA Junaidi duduk berdampingan dengan Kepala Kantor Urusan Internasional Anggun Puspitarini Siswanto pada seminar Pelatihan Soft Skills. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Mahasiswa Indonesia memiliki banyak kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri, seperti melalui program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.

Ketua Sub Pokja Iisma, Junaidi, mengatakan, lewat program tersebut, mahasiswa Indonesia berkesempatan merasakan kuliah di berbagai universitas ternama dunia selama satu semester.

Program tersebut menawarkan berbagai jurusan dari 73 universitas di 30 negara di dunia.

Tujuan dari dibentuknya program Iisma oleh kemenristekdikti, yakni untuk membangun pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan.

Baca Juga: Iwapi Berharap Kemudahan Usaha, Banyak UMKM Terdampak Pandemi

"Kunci untuk bisa diterima program ini adalah punya mimpi. Setiap mahasiswa dari seluruh daerah di Indonesia mempunyai kesempatan yang sama dalam mendapatkan beasiswa ini,” kata Junaidi dalam seminar bertajuk “Conquering Your Fear & Making Your Dream Come True, Search, Prepare, Master & Enjoy Studying Abroad” di Undip, Rabu (24/11).

Menurutnya, dengan kuliah di luar negeri, mahasiswa bisa cepat beradaptasi dalam dunia pekerjaan dan cara mengajar yang kini sudah berkembang.

Industri 4.0 dan internasionalisasi menjadi salah satu contoh perubahan dunia yang dihadapi mahasiswa sekarang.

Disampaikannya, kuliah di luar negeri tidak hanya dapat membuka kacamata baru kepada mahasiswa seperti dunia yang mereka hadapi.

Baca Juga: Hari Guru Nasional, Ini Kutipan Pidato dari Mendikbudristek Nadiem Makarim

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ita: Mahasiswa Unika Bantu Turunkan Angka Covid-19

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:25 WIB
X