Studi Banding ke Sabilul Khoirot, Yayasan Nur Rosyidah Tingkatkan Pengelolaan Madrasah Aliyah

- Kamis, 25 November 2021 | 07:00 WIB
YNS Magetan melakukan studi banding ke YPI Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran. (suaramerdeka.com / dok Sabilul Khoirot)
YNS Magetan melakukan studi banding ke YPI Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran. (suaramerdeka.com / dok Sabilul Khoirot)

TENGARAN, suaramerdeka.com - Yayasan Nur Rosyidah (YNS) Magetan melakukan studi banding ke Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran Kabupaten Semarang, Senin 22 November 2021.

Adapun studi banding digelar YNS Magetan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan Madrasah Aliyahnya, yang diikuti 12 personel yayasan.

Beberapa di antara yang mengikuti studi banding adalah pembina yayasan H. Nur Wahyudi, ketua YNS Arief Hadi Cahyono, pimpinan lembaga pendidikan Isgianto dan pengelola pesantren Hasan Iqbal.

Kesamaan dari kedua lembaga ini adalah pengelolaan Madrasah Aliyah (MA) dalam bentuk pesantren, di mana aktivitas keseharian para santri berupa belajar di madrasah pada siang hari dan nyantri di sore hingga malam harinya.

Baca Juga: Pemilik SPBU Siap Gratiskan Toilet, Biaya Operasional Diambilkan dari Kotak Amal

Oleh karena itu, pengelolaan madrasah berbasis pesantren diharapkan lebih serius dilakukan untuk menghasilkan kualitas lulusan yang lebih baik.

Melalui studi banding kali ini diharapkan mampu memperoleh informasi dan kiat pengelolaan Madrasah Aliyah terkait dengan pembekalan kelas 12, studi lanjut alumni dan pengelolaan forum alumni.

Purwoko, M.Pd selaku kepala MA Nurul Islam YPI Sabilul Khoirot Tengaran menyampaikan berbagai hal yang telah dilakukan dalam mengelola madrasah yang telah berdiri sejak 2013 lalu.

Baca Juga: Pemilik SPBU Siap Gratiskan Toilet, Biaya Operasional Diambilkan dari Kotak Amal

"Kami bersyukur bahwa alumni MA Nurul Islam telah menyebar di berbagai universitas baik di dalam maupun di luar negeri. MA Nurul Islam dengan Program Keagamaan juga telah memiliki alumni Al Azhar Kairo," terang M. As'ad Mahmud, Lc yang turut menyambut tamu studi banding bersama pimpinan pesantren Nurul Islam, H. Lutfi Chakim, Lc.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.222 Guru Ikuti Uji Pengetahuan PPG

Selasa, 7 Desember 2021 | 22:27 WIB
X