Era Digital Semua Sekolah Harus Berani Berinovasi, Bekali Siswa Ciptakan Lapangan Pekerjaan

- Selasa, 23 November 2021 | 15:54 WIB
Dalam peringatan HUT SMP Negeri 11 Semarang ke-45 dilakukan dengan melepas burung dara di halaman sekolah. (suaramerdeka.com/Pamungkas Ashadi)
Dalam peringatan HUT SMP Negeri 11 Semarang ke-45 dilakukan dengan melepas burung dara di halaman sekolah. (suaramerdeka.com/Pamungkas Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri berpesan agar semua sekolah di Semarang harus berani melakukan inovasi.

Terlebih di era digitalisasi perkembangan teknologi dan komunikasi, maka kompetensi kepala sekolah, guru dan peserta didik harus ditingkatkan.

Tujuanya agar para peserta didik memilki bekal untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

"Era sekarang adalah era digitalisasi sehingga banyak peluang pekerjaan yang bisa dilakukan melalui digitalisasi."

Baca Juga: Penting, Kesiapan Pemda dan Masyarakat Sukseskan PPKM Level 3 di Akhir Tahun

"Untuk itu sesuai konsep dari Menteri Pendidikan adalah Merdeka Belajar, maka semua sekolah narus berani melakukan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran," ujar Gunawan saat menghadiri acara HUT SMP Negeri 11 Semarang, yang ke-45, Selasa (23/11).

Menurutnya, agar sekolah dapat melakukan inovasi dan peningkatan kompetensi maka yang harus dilakukan semua sekolah bisa dengan mengadakan worksop, in house training dan sebagainya. Jadi meskipun di masa pandemi covid-19 tetap bisa aktif dalam proses pembelajaran.

"Harapan kedepan agar kita benar-benar bisa menciptakan pelajar pancasila. Maka para siswa perlu dibekali keterampilan agar mereka nanti bisa menciptakan lapangan pekerjaan," jelasnya.

Baca Juga: Indonesia Open 2021: Kalahkan Thailand, Shesar Hiren Rhustavito Lolos 16 Besar

Disamping itu, sesuai dengan misi Walikota Semarang, Hendrar Prihadi dalam upaya meingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), ada tiga bekal yang harus dimiliki para siswa diantaranya memiliki karakter yang baik, bisa menggunakan komputer dan bisa berbahasa Inggris.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juknis ASN P3K, Kemendikbud Bajak Guru Swasta

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:48 WIB

Pramuka Harus Mampu Menyesuaikan Perkembangan Zaman

Selasa, 28 Desember 2021 | 22:25 WIB

Implementasi Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi

Sabtu, 25 Desember 2021 | 22:09 WIB

Wujudkan Merdeka Belajar, Guru Perlu Ubah Pola Pikir

Senin, 20 Desember 2021 | 17:49 WIB
X