Sarjana Teknik Harus Jeli Lihat Peluang, Bidang Kerja Luas dan Terbuka Lebar

- Senin, 22 November 2021 | 08:12 WIB
Dekan FT Unimus Bagus Irawan didampingi Kaprodi Toni Prasetyo menyerahkan sertifikat pembicara pada manajer investasi PT Phapros Muhammad Ali. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Dekan FT Unimus Bagus Irawan didampingi Kaprodi Toni Prasetyo menyerahkan sertifikat pembicara pada manajer investasi PT Phapros Muhammad Ali. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lulus menjadi seorang sarjana teknik tidak perlu berkecil hati melainkan harus jeli melihat peluang.

Sebab, prospek bidang kerja lulusan sebagai sarjana teknik sejatinya luas dan terbuka lebar.

Menurut alumnus Fakultas Teknik Unimus, Muhammad Ali, industri yang begitu membutuhkan kiprah sarjana teknik salah satunya adalah sektor farmasi.

“Banyak peluang yang semestinya bisa diambil dalam bidang industri kefarmasian. Selalu ada ruang bagi sarjana teknik untuk memenangkan persaingan,” pesan Ali yang juga menjabat Manajer Investasi PT Phapros itu.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Membuat Haus, Hindari Ketika Akan Puasa

Dalam kegiatan alumni mengajar yang diinisiasi FT Unimus di Kampus Kasipah Jangli, Ali berpendapat, peluang yang dapat dikerjakan lulusan memasuki industri semacam ini juga beragam.

Misal untuk pemenuhan kebutuhan sistem permesinan, elektrikal, komputerisasi jaringan, lingkungan, dan sebagainya.

Dia pun meminta mahasiswa meningkatkan keahlian untuk nantinya memiliki kompetensi ungggul dalam menjawab tantangan.

“Terlebih sekarang dalam era digitalisasi muncul istilah smart manufactaring. Konsep dimana perusahaan dan industri secara terpadu terkoneksi dengan sistem digital dan diawasi secara terpusat,” tutur dia.

Baca Juga: Tinjau Bandara Ngloram, Dahlan Iskan: Terobosan Atasi Isolasi Blora dan Sekitarnya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X