Perguruan Tinggi Punya Peran Strategis dalam Pendampingan UMKM Agar Miliki Daya Saing

- Kamis, 10 Juni 2021 | 13:53 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (suaramerdeka.com/Cun Cahya) (Cun Cahya)
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (suaramerdeka.com/Cun Cahya) (Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menuturkan, perguruan tinggi mempunyai peran yang sangat strategis dalam pendampingan UMKM agar memiliki daya saing untuk terus meningkat.

Hal itu disampaikannya saat menjadi kynote speech Dies Natalis ke-15 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (Unnes) secara virtual, Kamis 10 Juni 2021.

Menurutnya universitas sekarang salah satunya Fakultas Ekonomi Unnes memiliki inkubasi wirausaha yang bisa dikembangkan untuk membantu UMKM agar memiliki produk inovatif dan harus masuk ke inovasi teknologi.

Baca Juga: Reuni Akbar Alumni Diaspora Unwahas Jawaban Memperkuat Jejaring Internasional

Teten menuturkan Indonesia mempunyai market besar yaitu 270 juta jiwa dan 68,75 persen usia produktif.

Di tengah pendemi Covid-19 angka demografi pasti tidak bisa diserap pemerintah dan swasta sehingga sekarang jumlah pelaku usaha mikro bertambah 2,62 persen.

"Persaingan di mikro semakin tinggi. Dan kita harus memikirkan untuk menumbuhkan sektor industri. Kalau masuk hanya mikro juga tidak baik karena tidak akan bisa mempunyai daya saing," katanya.

Baca Juga: Susun Proporsal GNRM 2021, DKV ISI Surakarta Gelar Rapat Koordinasi

Ia pun berharap dengan Dies Natalis ke-15 ini Fakultas Ekonomi Unnes dapat memberikan masukan konstruktif bagi  koperasi dan UMKM untuk menuju UMKM yang kompetitif.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang menyampaikan ucapan selamat Dies Natalis secara virtual juga mengatakan tahun 2021 adalah tahun kebangkitan yang harus disambut dengan optimisme tinggi.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Undip Fasilitasi Pemdes Wates Wujudkan Wisata Edukasi

Senin, 22 November 2021 | 09:24 WIB
X