Beri Pendampingan, Tim Unnes Dorong BUMDes Desa Keji Optimalkan Potensi

- Jumat, 19 November 2021 | 12:12 WIB
Tim pengabdian kepada masyarakat Jurusan Ekonomi Pembangunan, Unnes memberikan pendampingan kepada BUMDes Maju Makmur, Desa Keji. (suaramerdeka.com / dok)
Tim pengabdian kepada masyarakat Jurusan Ekonomi Pembangunan, Unnes memberikan pendampingan kepada BUMDes Maju Makmur, Desa Keji. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim pengabdian kepada masyarakat Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan pendampingan kepada Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) Maju Makmur, Desa Keji, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Ketua tim pengabdian, Karsinah menyatakan, Desa Keji berada di kaki Gunung Ungaran karena dinilai memiliki potensi alam yang sangat kaya, salah satunya adalah sumber mata air.

"Di samping itu juga terdapat peternakan sapi perah dan olahan produk yang menjadi salah satu tumpuan masyarakat sekitar," ujarnya, Kamis, 18 November 2021.

Selain potensi alam, Desa Keji juga acap kali dikenal dengan kesenian dan budaya yang juga beragam, atau dikenal dengan Desa Wisata Seni.

Baca Juga: Nirina Walk Out Wawancara, TV One Klarifikasi: Tidak Ada Kesengajaan Menjebak

"Salah satu kesenian yang menjadi ikon desa ini adalah Tari Pesisiran. Tarian ini dilakukan oleh anak-anak perempuan yang dilatih di sanggar sapuan," imbuhnya.

Ia menilai, potensi yang sangat beragam tersebut sudah selayaknya mampu dioptimalkan BUMDes Maju Makmur sebagai unit usaha desa yang mampu menghasilkan nilai ekonomi.

"Sejauh ini, kami melihat BUMDes Maju Makmur belum mampu mengoptimalkan dan memetakan potensi yang ada. Hadirnya tim pengabdian bertujuan mengedukasi dan mendampingi pengelolaan BUMDes dengan menggali potensi desa," ungkapnya.

Untuk itu, menurutnya diperlukan pengembangan sumber daya manusia, dan keterampilan untuk menemukan dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Baca Juga: Ditolak Massa Aksi Kamisan di Semarang, Moeldoko: Itu Sesuatu yang Biasa

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jurnal Akta Unissula Peroleh Akreditasi Sinta 2

Rabu, 26 Januari 2022 | 08:48 WIB

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X