Hadapi Era Society 5.0, Ganjar Pranowo: Mahasiswa Tak Boleh Gaptek

- Rabu, 17 November 2021 | 11:45 WIB
Mahasiswa berbagai daerah menyuguhkan tarian adat dalam ajang pertukaran mahasiswa 2021 di Kampus Unimus. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Mahasiswa berbagai daerah menyuguhkan tarian adat dalam ajang pertukaran mahasiswa 2021 di Kampus Unimus. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengingatkan kehadiran teknologi informasi membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia dewasa ini.

Termasuk, kata Ganjar Pranowo, kini membentuk Era Society 5.0 setelah sebelumnya muncul era revolusi industri 4.0.

“Teknologi membuat semua pihak kini terhubung dengan mudah. Muncul situasi di mana terbentuk Era Society 5.0 ketika teknologi merambah semua lini kehidupan. Masyarakat termasuk mahasiswa tentunya tidak boleh gagap teknologi,” kata Ganjar Pranowo saat berbicara di hadapan puluhan mahasiswa dari kawasan tengah dan timur Indonesia, secara virtual.

Para mahasiswa ini berkumpul di Kampus Unimus untuk mengikuti program pertukaran pelajar bagian dari rangkaian program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Baca Juga: Indonesia Dapat Menyaksikan Gerhana Bulan Parsial Terlama di 80 Tahun Terakhir

Terdapat berbagai kampus yang mengirimkan mahasiswa dalam program ini. Mereka ini menjadi tamu di Kampus Unimus dalam rangkaian mempelajari budaya dan adat istiadat dari daerah lain.

Hadir Rektor Unimus, Prof Dr Masrukhi, Wakil Rektor Dr Budi Santosa serta para dosen pembimbing yang tergabung dalam program Modul Nusantara 2021.

Modul Nusantara adalah pendekatan yang dipakai untuk membuat ruang perjumpaan mahasiswa dengan keragaman suku, agama, ras, bahkan keyakinan. Harapannya muncul komunikasi menguatkan nasionalisme dan toleransi.

Baca Juga: Workshop Business Intelligence, Tingkatkan Kompetensi Dosen Sistem Informasi USM

Menurut Ganjar mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan yang ditunggu-tunggu. Mereka nantinya akan membawa banyak kemajuan dan perubahan atas negeri ini.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X