Sikapi Kesulitan Ekonomi dengan Membuka Jalur Kuliah Bebas Biaya

- Senin, 31 Mei 2021 | 13:42 WIB
Jalur Kuliah Bebas Biaya
Jalur Kuliah Bebas Biaya

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menyikapi kesulitan ekonomi bagi sebagian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Politeknik Katolik (Polteka) Mangunwijaya membuka jalur kuliah bebas biaya dengan beasiswa dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Mahasiswa yang berhak akan dibebaskan dari biaya kuliah selama tiga tahun serta ditambah uang saku Rp 1,4 juta.

"Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang sebesar Rp 700.000,'' kata Ketua Tim Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Polteka Mangunwijaya Semarang Cyrilla Oktaviananda SSai, MEng, Senin, 31 Mei 2021.

Untuk bisa mendapat fasilitas kuliah gratis itu, calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri yang dibuka mulai 17 Mei hingga 25 Juli 2021 melalui link.

Adapun syarat pendaftaran yang ditentukan, yaitu siswa SMA atau SMK yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal dua tahun sebelumnya (lulusan 2019 dan 2020 bisa mendaftar), serta memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid.

Selain itu lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di perguruan tinggi pada prodi dengan akreditasi A atau B.

Calon mahasiswa juga  memiliki potensi akademik baik tapi ada keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Peserta Program Keluarga Harapan (PKH)/ bukti masuk dalam desil kurang atau sama dengan 4 pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (jika tidak memiliki KIP/KKS/peserta PKH dapat diganti dengan SKTM).

Persyaratan lengkap bisa diunduh melalui link: https://drive.google.com/file/d/18mq61qYy3ex3LA7DX1jDc_ud_2T07R26/view?usp=drivesdk.
Menurut Cyril, pendaftaran PMB Polteka Mangunwijaya untuk jalur KIP-K bisa diunduh di link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru serta melengkapi isian pada akun tersebut serta mengisi formulir di google form dengan alamat link: bit.ly/daftarKIPKPolteka.

Polteka Mangunwijaya membuka tiga program studi semua berakreditasi B yakni D3 Teknik Kimia, D3 Analis Kesehatan dan D3 Farmasi.

Sebagai kampus vokasi, menurut Cyril, hampir seratus persen lulusan dari Polteka Mangunwijaya terserap dunia kerja.

"Manfaat kesempatan ini sebaik-bainya untuk bisa kuliah gratis dan bisa langsung bekerja,'' pungkasnya.

Informasi lengkap bisa didapat dengan alamat link https://poltekamangun.ac.id/2021/05/25/pmb-polteka-mangunwijaya-jalur-kip-k-kartu-indonesia-pintar-kuliah/.

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Terkini

Akademisi Didorong Tingkatkan Penelitian Mutakhir

Selasa, 27 Juli 2021 | 13:32 WIB

Unwahas Siapkan SDM Diplomat Santri

Minggu, 25 Juli 2021 | 19:44 WIB
X