Mahasiswa Unwahas Raih Prestasi Dunia di Bidang Panjat Tebing Internasional

- Minggu, 30 Mei 2021 | 17:08 WIB
mahasiswa unwahas prestasi dunia
mahasiswa unwahas prestasi dunia

SEMARANG, suaramerdeka.com - Mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwhas) menorehkan prestasi tingkat dunia dengan menyabet medali pada ajang kejuaraan bergengsi di Amerika Serikat.

Dia adalah, Kiromal Katibin, mahasiswa Pendidikan Jasmani Keolahragaan dan Rekreasi (PJKR) yang masuk ke dalam jajaran atlet pelatnas Indonesia.

“Rasa syukur dan apresiasi tentu kami ucapkan atas pencapaian gemilang semacam ini. Mahasiswa Unwahas berhasil menorehkan prestasi panjat tebing internasional di tengah situasi pandemi,” kata Rektor Unwahas Prof Dr Mudzakir Ali, Minggu, 30 Mei 2021.

Keberhasilan Kiromal Katibin membuktikan mahasiswa dari kampus ini tangguh dan memiliki semangat juang tinggi.

Diinginkan pencapaian itu pun menjadi inspirasi dan mengilhami mahasiswa lain untuk berbuat serupa.

Wakil Rektor Unwahas Bidang Kemahasiswaan Dr Nur Cholid memastikan telah menerima kabar menggembirakan ini secara langsung dari mahasiswanya.

”Kendati demikian yang bersangkutan masih berada di Amerika Serikat. Kemungkinan besar nantinya pasti akan diterima secara resmi oleh pihak Indonesia, setelah kepulangan dari luar negeri,” tutur dia.

Disebutkan, Kiromal Katibin, memecahkan rekor dunia untuk kecepatan panjat tebing dengan kecepatan 5,258 detik, untuk putaran pertama babak kualifikasi yang digelar Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC).

Namun rekor ini akhirnya berhasil dipatahkan oleh rekan senegaranya dari Indonesia yakni Veddriq Leonardo saat digelar resmi kejuaraan panjat tebing dunia di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Jumat, 28 Mei 2021 waktu Amerika Serikat.

Meski begitu, kata Nur Cholid, semua yang telah dipersembahkan Kiromal Katibin sangat hebat. Pertama kali masuk kancah pertarungan dunia pulang menyabet medali perak di ajang bergengsi dunia.

Prestasi semacam itu sulit diraih melainkan dengan semangat juang tinggi, berlatih keras, dan disiplin dalam waktu.

Unwahas mendukung penuh kiprah mahasiswanya ini termasuk mendorong civitas academica yang lain mempersembahkan prestasi untuk nama harum bangsa dan negara.

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X