Dosen FH USM Sosialisasi Siswa Cara Bijak Bermedsos

- Sabtu, 17 April 2021 | 17:19 WIB
Dosen FH USM sosialisasi siswa bijak bermedsos. (suaramerdeka.com/Jati Prihatnomo)
Dosen FH USM sosialisasi siswa bijak bermedsos. (suaramerdeka.com/Jati Prihatnomo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Semarang (USM) menggelar kegiatan sosialisasi terkait Cara Bijak menggunakan Media Sosial sesuai dengan Undang-undang ITE bagi siswa  di SMK Cut Nya Dien Semarang 16 April 2021 kemarin.

Tim terdiri dari Ketua Dr.Sukimin,SH.MH dan anggota Doddy Kridasaksana,SH.M.,Hum. Kegiatan sosialisasi itu diikuti sebanyak 25 siswa dari unsur perwakilan masing-masing kelas, pengurus OSIS dan unit Pramuka serta guru pendamping.

Menurut Sukimin bahwa tujuan diadakan sosialisasi ini agar para siswa SMK sebagai generasi muda memahami cara menggunakan medsos dengan bijak.

Baca Juga: Pandemi, Ramai Pengguna Medsos Bikin Konten Viral

"Hal ini karena media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi, hanya dalam satu genggaman, seluruh manusia di muka bumi kini bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa celah" ungkap Sukimin.

Baca Juga: Medsos Bisa Jadi Strategi Bangun Pasar Digital

"Beberapa media sosial yang digunakan karena kemudahannya adalah Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. Dalam berkomunikai di dunia maya tersebut saat ini tidak luput marak terjadinya penyalahgunaan medsos seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan banyak pihak,  salah satu cara bijak dalam menggunakan Medsos yaitu jangan asal posting konten, karena perlu di sadari bahwa akun medsos dapat dilihat secara publik, termasuk semua postingan di dalamnya" tambah Sukimin.

Baca Juga: Ini Aplikasi Medsos Favorit Masyarakat Indonesia

Menurutnya kita harus lebih bijak dalam memilih konten-konten sebelum diunggah di media sosial. Meskipun platform media sosial saat ini punya fitur privasi yang bisa di atur, namun tak ada salahnya menggunakan media sosial dengan lebih hati-hati sehingga tidak melanggar ketentuan yang diatur dalam Undang-undang.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Akademisi Didorong Tingkatkan Penelitian Mutakhir

Selasa, 27 Juli 2021 | 13:32 WIB
X