Siswa Diajak Jadi Dokter Kecil, Kampanyekan Budaya Bersih dan Sehat

- Sabtu, 13 November 2021 | 10:12 WIB
Tim Pengabdian Unnes memberikan materi mengenai penanaman budaya bersih dan sehat melalui dokter kecil pelopor kesehatan. (suaramerdeka.com / dok)
Tim Pengabdian Unnes memberikan materi mengenai penanaman budaya bersih dan sehat melalui dokter kecil pelopor kesehatan. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim pengabdian Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Unnes mengajak siswa menjadi dokter kecil untuk mengampanyekan budaya bersih dan sehat baik di lingkungan rumah maupun sekolah.

Sejumlah dokter kecil dari SDN Sekaran 02 Semarang mendapatkan materi mengenai ''Penanaman Budaya Bersih dan Sehat di Rumah Maupun Sekolah'' di Kampus FIK Unnes, belum lama ini.

Tim Pengabdian Unnes terdiri dari Dr dr Yuni Wijayanti, Eram Tunggul Pawenang, Arum Siwiendrayanti, Dr Hadi dan Mardi Lelono.

dr Yuni menuturkan, dokter kecil dapat berfungsi sebagai perantara strategis dalam menyebarkan informasi dan pelaksanaan penanaman budaya bersih dan sehat di rumah maupun di sekolah sesuai prosedur yang benar pada kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Suporter PSM Datangi DPR Terkait Stadion Andi Mattalatta, Ini Respon Yoyok Sukawi

Siswa yang berperan sebagai dokter kecil dapat mengajak teman, guru, orang tua, dan lingkungan sekitarnya untuk selalu berperilaku hidup sehat.

''Keberadaan dokter kecil mampu meningkatkan kesehatan, berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan mampu mencegah penyakit,'' tuturnya.

Dikatakannya, kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan Pendidikan Kesehatan Masyarakat yang dilakukan oleh tim pengabdi dari Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat FIK Unnes.

Pendidikan Kesehatan yang diberikan kepada dokter kecil SD Sekaran 02 ini berupa penyuluhan dan pelatihan tentang penanaman budaya bersih dan sehat melalui dokcil pelopor kesehatan.

Baca Juga: Harga Minyak Turun pada Akhir Perdagangan, Hapus dari Sesi Sebelumnya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTM SMP 100 Persen, Disdik Imbau Tetap Prokes Ketat

Senin, 10 Januari 2022 | 19:09 WIB

SDN Cebongan 01 Juara Lomba Administrasi Gudep Pramuka

Senin, 27 Desember 2021 | 07:15 WIB
X