SMA Kebon Dalem Ajak Siswa Aktif Buat Eksperimen, Tingkatkan Minat Riset Pelajar Sekolah

- Jumat, 12 November 2021 | 11:27 WIB
Siswa SMA Kebon Dalem Natasha, Arneta, dan Christine didampingi Waka Kehumasan Hilarion Murti dan Guru Pembimbing Vera Natalia menunjukkan produk hasil penelitian. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Siswa SMA Kebon Dalem Natasha, Arneta, dan Christine didampingi Waka Kehumasan Hilarion Murti dan Guru Pembimbing Vera Natalia menunjukkan produk hasil penelitian. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - SMA Kebon Dalem Semarang memiliki tradisi kuat untuk meningkatkan minat riset dan menulis karya ilmiah di kalangan pelajar sekolah.

Salah satu cara yang dipandang SMA Kebon Dalem Semarang efektif mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengajak siswa aktif membuat eksperimen di laboratorium sekolah.

Membuat ragam penelitian yang sifatnya menyenangkan akan bermuara pada kemunculan inovasi, kreasi, dan ketertarikan mendalam murid-murid SMA Kebon Dalem Semarang atas aktivitas riset untuk kebaruan ilmu dan pengetahuan.

“Baru-baru ini tiga siswi SMA Kebon Dalem Semarang juga membuat sebuah penelitian mengenai olahan ubi ungu dan kacang merah. Ini juga bagian dari membuat inovasi untuk peningkatan mutu pangan memakai bahan lokal," kata Wakil Kepala Bidang Kehumasan (Waka Humas) SMA Kebon Dalem, Hilarion Murti Nugroho di Kompleks Sekolah Kawasan Wot Gandul Barat.

Baca Juga: Apa Itu Burnout? Kenali Gejala, Fase dan Cara Mencegahnya

Dia ditemui bersama sejumlah siswanya yakni Natasha Audy HS, Arneta Aprilia K, dan Christine Mulyana L yang belakangan ini membuat penelitian untuk inovasi pangan lokal.

Hadir juga guru pembimbing para siswa yaitu Vera Natalia Ssi.

Ketiga siswi SMA Kebon Dalem itu berkreasi membuat olahan pangan yang dinamakan bubur instan Ubi Ungu dan Kacang Merah (Bubika).

Dipilihnya dua jenis bahan pangan ini karena termasuk komoditas lokal yang memiliki harga murah dan mudah ditemui.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Diresmikan Hari Ini, Jokowi Diagendakan Jajal Motor Balap Pribadinya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTM SMP 100 Persen, Disdik Imbau Tetap Prokes Ketat

Senin, 10 Januari 2022 | 19:09 WIB

SDN Cebongan 01 Juara Lomba Administrasi Gudep Pramuka

Senin, 27 Desember 2021 | 07:15 WIB
X