Pro Kontra Permendikbud PPKS, Nadiem: Prioritas Kami Kenyamanan Belajar di Kampus

- Kamis, 11 November 2021 | 11:35 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim. yang di sorot masalah Permendikbud (Instagram @nadiemmakarim/Tangkapan Layar)
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim. yang di sorot masalah Permendikbud (Instagram @nadiemmakarim/Tangkapan Layar)

JAKARTA, suaramerdeka.comPermendikbud No 30 Tahun 2021 mengenai Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan perguruan tinggi menjadi kontroversi.

Permendikbud No 30 Tahun 2021 yang dibuat karena banyaknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkup perguruan tinggi tersebut mendapat sorotan terutama dari kaum ulama yang memandang peraturan tersebut melegalkan zina.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim menanggapinya dengan berkata bahwa kasus kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi merupakan fenomena gunung es.

Maka, sebuah peraturan perlu segera dibuat dan dilaksanakan untuk menangani kasus tersebut, mulai dari menyelidiki awal mula, melindungi korban, hingga menghukum pelaku.

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Peringati Hari Jomblo Sedunia, Mana Favoritmu?

“Prioritas kami adalah kenyamanan dan keamanan anak-anak kita, generasi muda dalam belajar di kampus,” kata Nadiem Makarim pada Rabu 10 November 2021 malam.

“Kami berterimakasih sekali atas masukan dan kritik dari berbagai aspek, maka kami berkomitmen untuk membicara peraturan ini secepatnya dengan semua aspek masyarakat tersebut, sehingga bisa diterima sesuai dengan norma agama, sosial,” imbuhnya.

Nadiem Makarim menjelaskan, dalam Permendikbud No 30 itu terdapat tiga poin penting yang harus diperhatikan dan dilaksanakan.

Baca Juga: Dihantam Cedera Paha, Paul Pogba: Saya Akan Kembali Kuat

Poin-poin tersebut yaitu dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual yang akan menjadi jembatan bagi pihak kampus dan Kemdikbud agar kekerasan seksual yang terjadi bisa segera ditanggulangi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dukung Pelaksanaan PTM, Siswa SDN Barukan 02 Divaksin

Sabtu, 29 Januari 2022 | 09:24 WIB

SD N Sikumpul 3 Rindukan Prestasi yang Pernah Terukir

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:20 WIB

Jurnal Akta Unissula Peroleh Akreditasi Sinta 2

Rabu, 26 Januari 2022 | 08:48 WIB
X