Konsep Ekosistem Pendidikan Digital Dicanangkan Jadi Penyempurnaan PJJ

- Selasa, 9 November 2021 | 08:24 WIB
Rektor UT Ojat Darojat berkunjung ke Pemprov Jateng untuk beraudiensi dengan Gubernur Ganjar Pranowo, Senin 8 November 2021 sore. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Rektor UT Ojat Darojat berkunjung ke Pemprov Jateng untuk beraudiensi dengan Gubernur Ganjar Pranowo, Senin 8 November 2021 sore. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Konsep ekosistem pendidikan digital digaungkan Universitas Terbuka (UT) sebagai pelopor sistem pembelajaran jarak jauh.

Melalui konsep ekosistem pendidikan digital, proses pembelajaran jarak jauh ingin disempurnakan.

Bukan pula semata pelaksanaan pendidikan daring yang sudah terlanjur melekat di tengah masyarakat melainkan ada berbagai model pembelajaran yang harus diterapkan secara benar.

“Ekosistem pendidikan digital atau digital learning ecosystem bukan semata identik dengan pembelajaran daring yang selama ini terlanjur dikenal. Sebab di dalam sistem pendidikan digital ikut dikenal model pemberian materi pembelajaran bersifat synchronous dan asynchronous learning (ASL)," tutur Rektor UT, Prof Ojat Darojat PhD, dalam kunjungannya ke Semarang, Senin 8 November 2021.

Baca Juga: BRT Trans Semarang Koridor 6 bukan Cuma Mengantar Mahasiswa Undip dan Unnes

Selain bertemu dengan Direktur UPBJJ UT Semarang, Muzzamil, di Kampus Jl Raya Semarang-Kendal Mangkang Wetan, Ojat berkunjung ke kantor Pemprov Jateng di Jalan Pahlawan.

Dia menemui Gubernur Ganjar Pranowo untuk beraudiensi tentang pencapaian universitas terbuka dalam usaha memajukan dunia pendidikan tinggi.

Berada di bawah Kemendikbudristek, UT selama puluhan tahun profesional mengelola pembelajaran jarak jauh, di mana mahasiswa tersebar di seluruh Nusantara termasuk di berbagai belahan dunia.

“Alumni kami bahkan mencapai 1.800.000 orang. Adapun jumlah mahasiswa aktif sebanyak 312.325 orang dan masih bisa menampung lebih dari itu,” kata dia didampingi Muzammil.

Baca Juga: Harga Emas Naik ke Level Tertinggi dalam 2 Bulan, Dolar Turun Jadi Pemicu

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X