Dosen FE USM berikan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan bagi UMKM Sulam Pita Lia Collection

- Senin, 8 November 2021 | 13:40 WIB
Tim dosen FE USM melakukan pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis SAK EMKM bagi UMKM Sulam Pita Lia Collection. (foto: dok FE USM)
Tim dosen FE USM melakukan pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis SAK EMKM bagi UMKM Sulam Pita Lia Collection. (foto: dok FE USM)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM) yang terdiri dari Anita Damajanti SE MSi, Candra Safitri SE M Ak BKP. dan Sudarmin SPd MM melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Genuk kota Semarang baru-baru ini.

Tema kegiatan ini yaitu pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis SAK EMKM bagi UMKM Sulam Pita Lia Collection.

Menurut Anita Damayanti bahwa Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) adalah standar akuntansi keuangan yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan ditujukan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Baca Juga: Perguruan Tinggi Dukung Milenial Merawat Kelestarian Bahasa Nasional

SAK EMKM berlaku efektif mulai tahun 2018. Laporan Keuangan yang sesuai SAK EMKM terdiri dari laporan perhitungan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan yang berisi penjelasan dari akun-akun laporan keuangan” ungkap Anita.

“UMKM Sulam Pita Lia Collection adalah salah satu industri handikraf di kota Semarang yang menghasilkan berbagai produk kerajinan dengan hiasan sulam pita antara lain tas wanita, kerudung, sarung bantal, mukena, masker, dan lain-lain, UMKM Sulam Pita Lia Collection saat ini hanya mencatat penjualan saja dan tidak memiliki Laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan” tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu penyusunan laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan yang sesuai SAK EMKM.

Baca Juga: Karir Perawat Leluasa Melangkah Hingga Mancanegara

Adanya laporan laba rugi bermanfaat untuk mengetahui laba bersih yang diperoleh dan mengetahui nilai aset yang dimiliki.

Laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan yang sesuai SAK EMKM juga diperlukan bagi UMKM untuk mempermudah akses  pendanaan dari perbankan atau lembaga keuangan lainnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X