Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

- Minggu, 7 November 2021 | 14:46 WIB
Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) WIlayah VI Prof Dr Ir Muhammad Zainuri. (suaramerdeka.com/dok)
Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) WIlayah VI Prof Dr Ir Muhammad Zainuri. (suaramerdeka.com/dok)

suaramerdeka.com - Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek).

Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka mewajibkan perguruan tinggi memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mengambil SKS di luar program studi dalam satu kampus yang sama selama satu semester atau senilai 20 SKS.

Dan mengambil SKS di luar perguruan tinggi selama dua semester atau senilai dengan 40 SKS.

Kebijakan MBKM bertujuan untuk memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Program MBKM dapat berjalan dengan baik ketika segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang. Mulai dari kurikulum, kebijakan keuangan, kerjasama antara perguruan tinggi, pemberian jaringan atau relasi seluas-luasnya dan lain-lain.

Baca Juga: Akademisi Menilai Sistem MBKM sebagai Pendidikan Karakter

Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Prof Dr H Imam Taufiq, MAg mengatakan perlu adanya persamaan persepsi dan implementasi dalam kebijakan MBKM.

"MBKM merupakan isu nasional yang harus direspon oleh semua pihak termasuk Pergutuan Tinggi Keagamaan Islam," kata Imam Taufiq dalam Rapat Koordinasi Pimpinan PTKIS di Palm Beach Resort Jepara, Jumat 5 November 2021.

Ia menjelaskan bahwa salah satu persoalan krusial dalam MBKM adalah penafsiran dan pemaknaan atas kebijakan MBKM dengan kapasitas masing-masing.

"Perbedaan penafsiran dan pemaknaan menghasilkan pembuatan kebijakan turunan yang berbeda-beda pula, sehingga sulit untuk penyesuaian dan penyetaraan program," terangnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X