Putus Mata Rantai Kekerasan, Dirjen Wikan: Kedepankan Rasa Menghargai

- Minggu, 7 November 2021 | 10:54 WIB
Dosen dan lulusan Kampus Polimarin membuat acara selebrasi dalam pelaksanaan wisuda kampus, Sabtu 6 November 2021. (suaramerdeka.com/Hari Santoso)
Dosen dan lulusan Kampus Polimarin membuat acara selebrasi dalam pelaksanaan wisuda kampus, Sabtu 6 November 2021. (suaramerdeka.com/Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Memutus mata rantai kekerasan di dalam kampus maupun seluruh jenjang pendidikan menjadi prioritas utama yang akan dilakukan Kemendikbudristek.

Selain kekerasan hal lain yang jangan sampai tumbuh menodai usaha membentuk kepribadian generasi muda adalah pelecehan seksual dan sikap intoleransi.

“Saya ingin memberikan contoh tentang bagaimana keramahtamahan dan rasa persaudaraan ditanamkan di dalam kampus. Para senior mahasiswa UGM bersikap ramah tamah saat bertemu mahasiswa baru."

"Saya saksikan sendiri dan ada videonya, seorang mahasiswa dengan keramahan yang tidak dibuat-buat mempersilahkan dan membimbing adik tingkatnya masuk dalam barisan apel pagi saat penerimaan mahasiswa baru,” tutur Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto PhD usai menjadi inspektur upacara wisuda kelulusan Polimarin Sabtu 6 November 2021.

Baca Juga: 45.552 Dosis Vaksin Pfizer untuk Pelajar Kebumen, Desember Target Level 1 PPKM

Forum ini dihadiri Direktur Polimarin Ir Akhmad Nuriyanis MT serta Ketua Senat Dr Sri Tutie Rahayu.

Selain itu terdapatperwira lulusan dari prodi D-3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Prodi D-3 Teknika, serta Prodi D-4 Nautika yang dilepas oleh kampus dalam dua sesi pertemuan.

Wikan menambahkan gambaran tersebut hanya salah satu contoh. Banyak mahasiswa dari kampus lain yang pasti memiliki karakter serupa menghargai sesama sivitas akademika.

Baca Juga: Quraish Shihab Ungkap Perbedaan Mazhab Terkait Memelihara Anjing, Begini Ulasannya

Pastinya, kekerasan dalam bentuk apapun harus ditolak dan tidak boleh terjadi di lingkungan pendidikan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Beasiswa G20 ke Australia, Cek di Sini

Minggu, 17 Juli 2022 | 16:11 WIB
X