Tantangan Pembelajaran Bahasa Inggris Dibahas, Dua Kampus Kolaborasi

- Sabtu, 6 November 2021 | 21:08 WIB
Kegiatan seminar membahas tantangan mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh.(Foto Istimewa)
Kegiatan seminar membahas tantangan mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh.(Foto Istimewa)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pembelajaran bahasa dan sastra Inggris di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Mereka harus bisa beradaptasi dengan model pembelajaran jarak jauh menggunakan bantuan teknologi.

Tantangan itu menjadi bahan penelitian guna mengetahui kondisi pembelajaran dalam masa pandemi.

Karena itu dua kampus berkolaborasi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta melakukan penelitian.

Baca Juga: PSSI Laporkan Dugaan Match fixing Perserang ke Pihak Berwajib

Mereka kemudian menggelar seminar membahas hasil penelitian terkait tantangan tersebut. Seminar berlangsung di Ruang Serbaguna Lantai 10, UAD Kampus 4, Yogyakarta, dihadiri dosen dari UAD, UNY, dan UTY dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Ketua Tim Peneliti, Prof Dr Nur Mukminatien MPd menjelaskan tantangan di masa pandemi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian pembelajaran menulis mahasiswa Jurusan Sastra Inggris terlebih dalam situasi pembelajaran jarak jauh darurat.

''Tantangan yang dihadapi dan solusinya dalam belajar menulis esai argumentatif berupa tantangan non-akademik maupun akademik. Tantangan non akademik dapat mempengaruhi proses belajar yang berdampak pada hasil belajar kurang maksimal,'' ujar Nur.

Baca Juga: Kalah dari Borneo, CEO PSIS: Seri 2 Ambyar

Penelitian berjudul Students’ Challenges and Their Writing Achievement in the Emergency Remote Teaching and Learning bertujuan mengetahui tantangan mahasiswa Jurusan Sastra Inggris dan pencapaian menulis mereka dalam pembelajaran jarak jauh darurat di masa pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X