Pelatihan Foodies Tourist, Dosen Pariwisata USM Beri Wawasan Layanan Pecinta Makanan

- Kamis, 4 November 2021 | 07:00 WIB
Tim dosen Pariwisata USM menggelar pelatihan Foodies Tourist. (suaramerdeka.com / dok)
Tim dosen Pariwisata USM menggelar pelatihan Foodies Tourist. (suaramerdeka.com / dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Tim dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi prodi Pariwisata Universitas Semarang (USM) mengadakan kegiatan pelatihan bersama para pelaku wisata Desa Wisata Lerep, Ungaran.

Tiga dosen Pariwisata USM yang menggelar pelatihan di Pendopo Embung Sebligo Desa Wisata Lerep, adalah Desika Nur Jannah, Bram Arvianto, dan Setiawan Wibowo.

Kegiatan ini merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) USM, yang bertujuan untuk mendapatkan wawasan tentang layanan pecinta makanan wisatawan (Foodies Tourist).

Dalam pelatihan ini, dosen USM mengajak peserta memahami suatu karakteristik wisatawan sebagai bagian yang sangat penting dalam meningkatkan minat kunjungan.

Baca Juga: Pahlawanku Inspirasiku, Berikut 11 Rekomendasi Film Biopik Pahlawan Nasional

Kemudian, juga mengidentifikasi daftar minat khusus wisata berbasis kuliner, yang melingkupi jenis makanan lokal, olahan makanan lokal, daya tarik makanan lokal dan nilai sejarah.

Pelatihan karakteristik Foodies Tourist bertujuan mempelajari kemampuan berpartisipasi menata lingkungan desa yang humanis terhadap kebutuhan terhadap sumber daya pengolahan makanan.

Masyarakat Desa Wisata Lerep hanya menyelenggarakan kegiatan kuliner secara temporary yakni “Pasar Jajanan Ndeso”, yang hanya berorientasi pada hasil penjualan makanan namun ketersediaan stok hasil olahan yang sangat terbatas.

Dalam kenyataannya banyak masyarakat desa dan wisatawan yang berkunjung minim interaksi dalam hal pengetahuan dan nilai dari makanan lokal yang dijual.

Baca Juga: Bisa Dilaksanakan Kapanpun, Ini Manfaat Luar Biasa Berdzikir!

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FK Undip Gelar Skrining dan Edukasi Lansia

Senin, 3 Oktober 2022 | 17:04 WIB
X