LPPM Unnes Dorong Akademisi Kembangkan Riset Berbasis Inovasi

- Senin, 1 November 2021 | 22:18 WIB
Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman didampingi Ketua LPPM Unnes Dr Suwito Eko Pramono memberikan penghargaan kepada sejumlah dosen dan mahasiswa atas inovasi yang dilakukan, Senin (1/11). (SM/Eko Fataip)
Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman didampingi Ketua LPPM Unnes Dr Suwito Eko Pramono memberikan penghargaan kepada sejumlah dosen dan mahasiswa atas inovasi yang dilakukan, Senin (1/11). (SM/Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendorong para dosen untuk mengembangkan riset/penelitian berbasis inovasi.

Ketua LPPM Unnes, Dr Suwito Eko Pramono menyatakan, orientasi dari penelitian tersebut salah satunya untuk mempermudah dan memfasilitasi pelaku usaha skala mikro atau UMKM.

Baca Juga: Keutamaan Sabar dan Tawakal dalam Islam, Allah Bersama dengan Orang yang Bersabar

"Sebagai contoh riset kami di Sukorejo, Kendal berhasil mengolah jambu merah menjadi banyak jenis makanan seperti kue, bolu, manisan, asinan, permen dan sebagainya. Sebagian sudah mendapatkan izin edar, selebihnya dalam proses.

Meskipun ini terlihat kecil atau sepele, tapi manfaatnya luar biasa bagi sektor UMKM," kata Suwito usai kegiatan peluncuran Rumah Inovasi Virtual dan Innovation Award di gedung LPPM Unnes, kompleks perguruan tinggi tersebut, Senin (1/11).

Suwito menyebut, dari jenis penelitian yang ada, seperti penelitian terapan dan penelitian pengembangan, dituntut berbasis dan berkonsep inovasi.

Baca Juga: Nyeri di Tulang Ekor, dr Zaidul Akbar Sarankan 3 Hal Penting Ini

Kedepannya inovasi ini akan menjadi suatu branding, terutama terkait pengembangan keilmuan teknologi.

Ia juga menekankan, seorang dosen harus mengedepankan kreativitas, berpikir dan memiliki gagasan untuk melakukan inovasi.

Pada sisi lain, ilmu dan teknologi yang sudah ada pun, menurutnya tidak bisa selamanya langsung diimplementasikan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X