Bulan Bahasa Momentum Sekolah Kenalkan Keberagaman kepada Siswa Secara Luas

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 07:45 WIB
Penanggung Jawab Kegiatan Bulan Bahasa Sekolah Nusaputera yang juga Asisten Manajer Kesiswaan, Jefta Ade Kristadi, menyerahkan piala untuk siswa pemenang lomba. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Penanggung Jawab Kegiatan Bulan Bahasa Sekolah Nusaputera yang juga Asisten Manajer Kesiswaan, Jefta Ade Kristadi, menyerahkan piala untuk siswa pemenang lomba. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Peringatan Bulan Bahasa yang jatuh setiap Oktober dimanfaatkan sekolah sebagai momentum mengenalkan kepada siswa-siswi mengenai keragaman bahasa lokal maupun internasional yang dipakai secara luas.

Selain itu melalui Bulan Bahasa juga menjadi keharusan menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai penguat rasa persatuan bangsa.

“Memperingati Bulan Bahasa 2021 sekolah-sekolah di bawah naungan Sekolah Nasional Nusaputera mengajak siswa-siswi memahami keragaman bahasa. Dimulai dari tentunya bahasa nasional yakni Bahasa Indonesia. Selebihnya terdapat Bahasa Jawa, Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris,” kata Penanggung Jawab Kegiatan Bulan Bahasa Sekolah Nusaputera yang juga Asisten Manajer Kesiswaan, Jefta Ade Kristadi, Jumat (29/10).

Dalam peringatan Bulan Bahasa 2021, pelajar dari Sekolah Nasional Nusaputera jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK mengikuti lomba secara virtual.

Baca Juga: Disdikbudpora Kunjungi SMPIT Izzatul Islam Getasan, Periksa Implementasi Pelaksanaan PTM Terbatas

Panitia sekaligus mengambil tema “Entrepreneurship dan Literasi dalam Budaya Bahasa “ untuk acara kali ini.

Perlombaan tersebut juga bagian dari keinginan mengenalkan konsep keberagaman ditambah dengan mengolaborasikan prinsip kewirausahaan dan kebahasaan yang menjadi perhatian penuh Sekolah Nusaputera.

Terdapat empat katagori lomba di setiap jenjang sekolah, mulai dari lomba pengetahuan entrepreneurship memakai Bahasa Indonesia, lomba pengetahuan entrepreneurship memakai Bahasa Inggris, lomba deklamasi geguritan memakai Bahasa Jawa dan lomba menyanyi Bahasa Mandarin.

Baca Juga: Deretan Aplikasi Milik Imigrasi Surakarta Ini Makin Memudahkan Pelayanan Publik, Apa Saja?

“Peringatan Bulan Bahasa 2021 sengaja kami pertautkan empat bahasa sebagai bentuk menghargai keberagaman. Ini juga merupakan upaya menguatkan semangat para siswa untuk tetap berkarya, berprestasi, berkompetisi dan menunjukkan minat bakatnya di masa pandemi,” kata dia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMKN 3 Salatiga Juara Lomba Tingkat ASEAN

Selasa, 15 November 2022 | 06:05 WIB
X