Peringati Sumpah Pemuda, SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo Gelar Seminar Bahasa dan Lomba

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 12:47 WIB
Peserta mengajukan pertanyaan dalam seminar kebahasaan bertema 'Pembentukan Karakter Bangsa melalui Bahasa dan Sastra' yang digelar SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo. (suaramerdeka.com / dok)
Peserta mengajukan pertanyaan dalam seminar kebahasaan bertema 'Pembentukan Karakter Bangsa melalui Bahasa dan Sastra' yang digelar SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo. (suaramerdeka.com / dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com - SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan seminar kebahasaan bertema "Pembentukan Karakter Bangsa melalui Bahasa dan Sastra" pada Era Milenial" pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Acara tersebut digelar SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo secara tatap muka terbatas dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2021.

Kepala SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo, Drs. H. Usdiyanto, M.Hum., mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dan Sastra 2021.

Selain itu, pihaknya mengajak siswa SMAU CT Arsa agar meningkatkan kebanggaan dan kecintaan untuk mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Baca Juga: Nihil Tambahan Kasus Covid-19 Selama PTM, Bupati Semarang: Jangan Abaikan Prokes

"Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa di SMAU CT Arsa, mereka menggunakan bahasa Indonesia setiap hari Senin dan Jumat, bahasa Inggris setiap hari Selasa dan Rabu, serta bahasa Jawa setiap hari Kamis," kata Usdiyanto.

Usdiyanto menjelaskan, pada tahun ini OSIS SMAU CT Arsa menyelenggarakan beragam lomba, antara lain, lomba membuat poster, baca geguritan, baca puisi, story telling, dan TikTok.

"OSIS melaksanakan lomba mulai tanggal 14 Oktober 2021 sampai puncaknya pada acara seminar tanggal 28 Oktober 2021. Lomba-lomba dalam rangka Sumpah Pemuda ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyalurkan dan mengasah minat-bakat para siswa. Lomba-lomba itu juga dapat meningkatkan kemampuan berliterasi siswa," jelasnya.

Sementara itu, peneliti dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Agus Sudono, menyatakan, bahasa memiliki peran penting dalam perkembangan intelektual.

Baca Juga: Suara Merdeka - UPGRIS Komitmen Majukan Dunia Pendidikan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMKN 3 Salatiga Juara Lomba Tingkat ASEAN

Selasa, 15 November 2022 | 06:05 WIB
X