Dukungan Orang Tua Berperan Penting dalam Upaya Pencapaian Prestasi Olahraga

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:12 WIB
Dosen FIK Unnes Adiska Aditya Rani Candra MPd menyampaikan paparan saat parenting di SSB New Star Gunungpati Semarang. (suaramerdeka.com / dok)
Dosen FIK Unnes Adiska Aditya Rani Candra MPd menyampaikan paparan saat parenting di SSB New Star Gunungpati Semarang. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Orang tua memiliki peran penting dalam upaya pencapaian prestasi olahraga.

Dengan dukungan yang maksimal dari orang tua, maka anak akan lebih termotivasi dalam mengikuti proses-proses pembinaan dan latihan yang dilakukan di klub olahraga.

Motivasi dari dalam diri anak itulah yang menjadi dasar utama proses pembinaan olahraga dapat berjalan dan berhasil dengan maksimal.

Hal itu disampaikan Adiska Aditya Rani Candra MPd, selaku nara sumber kegiatan "Parenting peranan orang tua dalam prestasi olahraga dan pembinaan sepakbola usia muda" di hadapan 50 peserta yang terdiri dari orang tua dan para siswa di SSB New Star Gunungpati Kota Semarang, kemarin.

Baca Juga: TNI dan PLN Perkuat Jalinan Kerja Sama, Upaya Jaga Pasokan Listrik Tetap Andal

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

"Orang tua berperan dengan memberi motivasi dan semangat anak untuk terius berlatih dan menentukan pilihan. Beri dorongan kepada anak jika memang ingin menekuni cabang olahraga. Ini sangat membantu dalam pencapaian prestasi anak. Tidak ada prestasi yang instan. Dalam proses tersebut, orang tua harus berperan," tutur Adiska.

Selain kegiatan parenting, dalam program yang bertemakan "Peningkatan Peran Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga'' dalam pembinaan pemain sepakbola usia muda juga dilakukan tes keberbakatan kepada para siswa SSB. Hali itu untuk mengetahui kesesuaian potensi bakatnya dalam olahraga sepakbola.

Hasil tes dapat menjadi dasar bagi tim pelatih untuk penyusunan program latihan yang efektif.

Baca Juga: Pernyataan Mengejutkan Peter Gontha soal Garuda, Dianggap Mempersulit Pencairan PMN

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X