Tim Pengabdian Masyarakat Unnes Manfaatkan Limbah dengan Konsep 5R

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:24 WIB
Kegiatan Pengabdian Masyarakat FE Unnes di Dusun Sambung, Desa Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang. (dok. Humas FE Unnes)
Kegiatan Pengabdian Masyarakat FE Unnes di Dusun Sambung, Desa Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang. (dok. Humas FE Unnes)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil memanfaatkan limbah dengan konsep 5R (reuse, reduce, recycle, replace, dan replant).

Pemanfaatan limbah dengan konsep 5R ini ditujukan Unnes bagi masyarakat Sambung, Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Proses 5R ini dilakukan dengan memanfaatkan limbah-limbah berbasis rumah tangga seperti limbah plastik dan limbah jelantah.

Pengabdian Unnes tersebut dikoordinasi oleh Indah Fajarini SW, SE, MSi, Akt, PhD, anggota Dr. Shanty Octavilia, S.E., MSi, dan Sri Utami, S.S, M.A, M.Pd.

Baca Juga: Dolar AS Sedikit Menguat Setelah Bergerak pada Kisaran Sempit

Indah Fajarini menjelaskan, pemahaman masyarakat tentang manfaat limbah yang berasal dari rumah tangga perlu digerakkan.

Terutama dalam menyadarkan masyarakat agar berperan aktif dan peduli terhadap lingkungan, yang dapat dimulai dari perilaku ramah lingkungan di rumah tangga.

“Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup, Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah pada 2020 dan 37,3 persennya bersumber dari aktivitas rumah tangga”, kata Indah Fajarini dikutip dari keterangan resmi Humas FE Unnes Selasa, 26 Oktober 2021.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada peningkatan perekonomian melalui daur ulang plastik dan minyak jelantah.

Baca Juga: Jadikan Blora Sentra Peternakan Sapi Berkualitas di Indonesia, Ini Upaya dari Bupati

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X