Kampus Harus Beradaptasi, Prof Nizam: Saatnya Kuliah Tatap Muka

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:01 WIB
Direktur JendralPendidikan Tinggi, Kemendikbud Ristek RI, Prof Nizam. (Dok. Kemendikbudristek)
Direktur JendralPendidikan Tinggi, Kemendikbud Ristek RI, Prof Nizam. (Dok. Kemendikbudristek)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kegiatan tatap muka di kampus harus segera dilakukan. Dosen dan mahasiswa sebaiknya segera beradaptasi dengan Covid-19.

Direktur JendralPendidikan Tinggi, Kemendikbud Ristek RI, Prof Nizam menegaskan hal itu.

Ia minta mahasiswa sudah saatnya kembali beraktivitas mengikuti perkuliahan tatap muka di kampus dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Mahasiswa, dosen dan tendik harus mampu beradaptasi dengan hidup berdampingan dengan Covid-19. Pandemi bukan menjadi hambatan bagi warga kampus untuk tetap terus belajar, berkreasi dan berinovasi. Saatnya kembali ke kampus dengan prokes ketat," tandas Nizam dalam webinar yang bertajuk Inovasi dan strategi PT mewujudkan kampus yang sehat dan produktif di era pandemi, Selasa, 26 Oktober 2021.

Baca Juga: Pameran Buku Tandai Peringatan Bulan Bahasa di SMP 5 Ungaran, Plt Kepala Sekolah Ungkap Alasannya

Ia mengatakan kampus mulai mempersiapkan prosedur standar operasional untuk memutus mata rantai penularan dan rutin melakukan surveilans.

Selain menjaga protokol kesehatan yang ketat, kampus hanya boleh menggunakan separuh dari kapasitas ruangan untuk kuliah tatap muka.

Kementrian membatasi ruangan dengan 50 persen kapasitas. Apabila sudah masuk PPKM level 2 atau 1 bisa meningkatkan kapasitas ruang.

Yang paling penting menurutnya saling menjaga, saling melindungi dan saling membantu untuk menghindari terjadinya kluster baru.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X