Tim PHP2D UPGRIS Gelar Pelatihan Budidaya Jambu Kristal di Desa Gubug

- Senin, 25 Oktober 2021 | 12:18 WIB
Tim PHP2D UPGRIS menggelar pelatihan budidaya jambu kristal di Wisata Tengah Sawah Desa Gubug Kabupaten Grobogan. (suaramerdeka.com / dok)
Tim PHP2D UPGRIS menggelar pelatihan budidaya jambu kristal di Wisata Tengah Sawah Desa Gubug Kabupaten Grobogan. (suaramerdeka.com / dok)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Tim PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) Unit Kegiatan Kerohanian Islam Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) yang diketuai Alfina Harubi Wijayanti (PGSD) telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Agrowisata berupa budidaya jambu kristal.

Kegiatan budidaya Jambu Kristal UPGRIS ini ini dilaksanakan di Wisata Tengah Sawah Desa Gubug Kabupaten Grobogan dan terbagi dalam tiga sesi.

Perwakilan masyarakat Desa Gubug yang terdiri dari 14 anggota karang taruna dan empat aktivis bank sampah orang menghadiri kegiatan budidaya UPGRIS ini.

Pelatihan ini merupakan bagian dari serangkaian program PHP2D dari tim UKKI UPGRIS yang berjudul 'Optimalisasi SATE SAGU (Wisata Tengah Sawah Desa Gubug) Berbasis Eduecowisata Javanese Cultural Desa Gubug Kabupaten Grobogan' dengan rentan waktu pelaksanaan mulai dari bulan Juli- Desember 2021.

Baca Juga: Kasus Oknum Satpol PP Aceh Singkil Siksa Seekor Anjing, Hotman Paris Minta Polda Mengusutnya

Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa atau biasa disebut PHP2D, merupakan program yang dikembangkan langsung di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggandeng organisasi mahasiswa.

"Dalam hal ini, kami dari UKKI Universitas PGRI Semarang berencana melakukan pengembangan desa wisata, memberdayakan pemuda, serta meningkatkan perekonomian desa. Salah satu program yang kami usung pada kegiatan PHP2D tahun ini adalah Pelatihan Agrowisata," kata Alfina Harubi Wijayanti.

Program ini beranggotakan 11 mahasiswa di antaranya, ada Azmi Nur Azizah (Pendidikan Matematika), Siti Umi Badriyatun (Manajemen), Azizah (PGSD), Muhammad Ainul Yaqin (Manajemen), Fathur Khoirurrofik (Manajemen), Panji Khoirul Majid (PGSD), Widya Astuti (Manajemen).

"Kemudian, Umi Aisyatul Wakhidah (Manajemen), Sukma Dwi Febriyanti (Pendidikan Matematika), Agrani Amania (Pendidikan Matematika), dan Ulfi Farisyah (Pendidikan Bahasa Inggris) dan dibimbing langsung oleh seorang dosen yaitu Arisul Ulumuddin S.Pd., M.Pd," sambung Alfina Harubi Wijayanti.Baca Juga: Aksi Arogan Penagih Pinjol Ilegal, Ancam Sebar Konten Pornografi Memuat Foto Nasabah

Untuk sesi pertama dikenalkan tahap pemilihan media tanam, penyemaian benih, perawatan bibit semai, dan teknik perbanyakan bibit tanaman.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X