Kedisiplinan Anak Menurun, Sekolah Dituntut Kreatif di Tengah PJJ

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:08 WIB
Rakor Forum Media Sayang Perempuan dan Anak Indonesia Kota Semarang 2021. (suaramerdeka.com/dok)
Rakor Forum Media Sayang Perempuan dan Anak Indonesia Kota Semarang 2021. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Orang tua dan keluarga terus diminta untuk terus memberikan semangat bagi anak-anak yang sebagian masih mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Hampir dua tahun mereka belajar online. Rasa disiplin anak juga berkurang, bangun lebih siang dan ini sangat memengaruhi karakter anak," kata anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Dyah Ratna Harimurti, Jumat 22 Oktober 2021.

Ditambahkan, orang tua berperan penting untuk membangun kedisiplinan anak selama bersekolah online.

Baca Juga: Habib Umar Al Muthohar: Santri Harus Siap Membangun Relasi

Upaya membangkitkan semangat anak ini juga bisa didukung oleh sekolah dengan cara lebih kreatif mengemas pembelajaran agar tidak membosankan.

Saat Rakor Forum Media Sayang Perempuan dan Anak Indonesia Kota Semarang 2021, yang digelar DP3A Kota Semarang, pihaknya juga menyampaikan dengan terbatasnya jam tatap muka di sekolah tentunya baik guru dan orang tua juga harus mengedepankan komunikasi yang baik.

"Sekolah harus mengembangkan ide dan kreatifitas para peserta didik. Dengan tatap muka langsung pun diperlukan ruang untuk membangkitkan semangat. Protokol kesehatan tetap yang utama," imbuhnya dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang M Khadik.

Baca Juga: Kemenpora Lunasi Tunggakan LADI ke Laboratorium Qatar

Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin juga meminta dukungan media untuk mendukung perempuan dan anak.

"Walau Semarang sudah mendapatkan penghargaan pengarustamaan gender, upaya untuk mencegah kekerasan pada perempuan dan anak butuh perhatian banyak kalangan termasuk dari media," kata Iswar.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Nasima Jalin Kerja Sama dengan Cambridge

Minggu, 21 November 2021 | 21:38 WIB
X