Bentuk Sumbangsih, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Terbitkan 'Kamus Budaya Jawa' Versi Daring

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:45 WIB
Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar webinar dengan tajuk Menjalin Indonesia dari Jawa Tengah: Literasi Teguh Jateng Tangguh. (suaramerdeka.com / dok)
Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar webinar dengan tajuk Menjalin Indonesia dari Jawa Tengah: Literasi Teguh Jateng Tangguh. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.comBalai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerbitkan kamus daring yang bertajuk Kamus Budaya Jawa sebagai sumbangsih kepada bahasa Jawa dan masyarakat Jawa Tengah.

“Kamus digital ini juga dapat diunduh di Playstore dan diakses di laman melalui tautan  senaraiistilahjawa.kemdikbud.go.id,” jelas penerjemah dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Kahar Dwi Prihantono.

Peluncuran kamus Budaya Jawa itu bersamaan dengan webinar Balai Bahasa dengan tajuk Menjalin Indonesia dari Jawa Tengah: Literasi Teguh Jateng Tangguh melalui aplikasi Zoom pada 20 Oktober 2021.

Kahar menyatakan tidak hanya pejabat publik atau juru warta yang acapkali memanfaatkan satu atau dua kosakata bahasa Jawa dalam ujaran dan berita mereka.

Baca Juga: 180 Siswa MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga Divaksin, Ikhtiar Putus Mata Rantai Covid-19

Sastrawan pun kerap menyelipkan beberapa kosakata bahasa Jawa dalam karya mereka.

“Hingga saat ini Balai Bahasa turut berupaya merawat kata-kata dan memartabatkan bangsa dengan menyusun beberapa kamus bahasa Jawa, baik kamus dialek maupun kamus bidang tertentu,” ujar penerjemah yang juga penyair itu.

Kahar menyatakan kosakata bahasa daerah, terutama kosakata budaya, merupakan sumber pemekaran dan pemerkayaan bahasa Indonesia yang termuat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dari waktu ke waktu melakukan pencatatan kosakata budaya Jawa secara berkelanjutan.

Baca Juga: Covid-19 Buat 427 Anak di Kabupaten Tegal Kehilangan Orangtua

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ita: Mahasiswa Unika Bantu Turunkan Angka Covid-19

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:25 WIB
X