Sambut Era 4.0 Kemenag Dorong PTKI Lakukan Tiga Transformasi

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:59 WIB
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. (suaramerdeka.com/dok)
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. (suaramerdeka.com/dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Di era revolusi industri 4.0 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dihimbau untuk melakukan tiga transformasi.

Yakni transformasi institusi, transformasi digitalisasi, transformasi internasionalisasi.

Hal itu dikatakan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag saat menutup kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor II PTKIN se-Indonesia di Pekalongan,belum lama ini.

Baca Juga: Tegakkan Prokes di Malam Hari, 3 Pilar Kota Pekalongan Gelar Operasi Yustisi dan Bagi Masker

“Transformasi institusi yang sedang dilakukan Kementerian Agama adalah perubahan kelembagaan dari STAIN ke IAIN dan dari IAIN ke UIN”, terang Suyitno.

Transformasi digitalisasi yang dimaksudkan Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang, adalah perubahan dari system layanan manual ke digital. Pilot projeknya adalah didirikannya Universitas Islam Siber Syeh Nurjati (UISSI) Cirebon.

“Transformasi internasionaliasi adalah meniscayakan bahwa perguruan tinggi harus mampu bersaing dan berkualitas secara internasional, salah satunya melalui pendirian UIII Depok”, terang Mantan Direktur Guru dan tenaga Kependidikan (GTK) ini.

Baca Juga: Hadapi PON 2024, Pertimbangkan Prioritas Cabang Perorangan

Dihadapan 5 Rektor yang hadir dan 58 WR II PTKIN, Suyitno menegaskan bahwa Rektor/Pimpinan PTKI yang hebat adalah Rektor yang meninggalkan legacynya sendiri.

“Semakin hebat warisan yang ditinggalkan itu artinya semakin hebat Rector tersebut dan akan menjadi bestpracticies bagi generasi setelahnya”, katanya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

X