Guru Besar USM: Smart Transportation Berbasis Ramah Lingkungan Segera Terwujud

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:38 WIB
Teknik Sipil USM Gelar Kuliah Umum Tentang Tranposrtasi Perkotaan (sm/dok)
Teknik Sipil USM Gelar Kuliah Umum Tentang Tranposrtasi Perkotaan (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Kuliah Umum bersama Ketua Program Pasca Sarjana Teknik Sipil Insitut Teknologi Bandung (ITB) diikuti 951 peserta secara daring pada Selasa (19/10/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Karakteristik Moda dan Isu-isu Keberlanjutan dalam Transportasi Perkotaan” menghadirkan narasumber Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT (Guru Besar Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil USM) dan Ir R Sony Sulaksono Wibowo MT PhD (Ketua Program Pascasarjana Teknik Sipil ITB).

Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani menyampaikan materi tentang Smart Transportation menuju Smart City, sementara narasumber kedua Ir R Sony Sulaksono Wibowo MT PhD menyampaikan paparan Karakteristik Moda dan Isu-isu Keberlanjutan dalam Transportasi Perkotaan.

Baca Juga: Dorong Ekonomi Kreatif, Kulon Progo Gelar Lomba Souvenir

Bertindak sebagai moderator pada kegiatan tersebut Agus Muldiyanto ST MT dosen teksnik sipil USM.

Prof Mudjiastuti menyambut gembira dan atas antusias peserta untuk mengikuti kegiatan Kuliah Umum ini, harapan ke depan dapat diisi oleh dosen-dosen lain dan selanjutnya akan dilakukan kerjasama berupa MoU, MoA antara Fakultas Teknik ITB dengan Fakultas Teknik USM dan dapat berkembang dengan Universitas lainnya.

Dalam paparannya Prof Mudjiastuti menjelaskan tentang system monitoring dan passanger information system yang meggunakan perangkat GPS, server dan Display Monitoring.

System monitoring juga terdiri bus unit, central control unit, client side application.

“Dunia semakin berkembang pesat dan saat ini parkir pun menggunakan smart card berupa kartu yang dapat di gunakan untuk parking, naik bus dan lain lain. dengan menggunakan smart card mempermudah kita dalam melakukan aktivitas karena dengan menggunakan satu kartu saja kita dapat memenuhi kebutuhan” ungkapnya.

Baca Juga: Pembekalan Peserta Lemdiklat Polri, Megawati: Polisi Harus Tangguh dan Dicintai Rakyat

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X