65 Persen Pemenang Kompetisi Kampus Merdeka Berasal dari PTS

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:56 WIB
Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Paristiyanti Nurwardani saat Taklimat Media secara virtual di Jakarta. (sm/dok)
Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Paristiyanti Nurwardani saat Taklimat Media secara virtual di Jakarta. (sm/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak 65 persen pemenang Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) berasal dari perguruan tinggi swasta (PTS).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Paristiyanti Nurwardani.

"Dari 142 perguruan tinggi yang menerima bantuan PKKM 2021, bisa dikatakan perguruan tinggi swasta memenangi kompetisi PKKM tahun 2021 ini," ujarnya saat Taklimat Media secara virtual di Jakarta.

Baca Juga: Final Piala Thomas, Ginting Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas China

PKKM, lanjut Paris, merupakan percepatan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang mendorong transformasi dan inovasi perguruan tinggi. Pada 2021, Kemendikbudristek memberikan bantuan sebesar Rp 415 miliar pada 142 perguruan tinggi di Tanah Air.

Untuk itu, Ditjen Diktiristek mengapresiasi Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jawa Barat yang berhasil mengakselerasi Indikator Kinerja Utama (IKU) di perguruan tinggi melalui PKKM.

"Dengan anggaran bantuan hanya Rp1 miliar, tapi dapat membuat kegiatan yang kolaboratif dan juga partisipatif. Dari delapan IKU yang ada, Universitas Maranatha berhasil mengakselerasi lima IKU," ungkapnya.

Paris menjelaskan bahwa kompetisi tersebut melibatkan 1.300 mahasiswa dan lebih dari 100 industri. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Universitas Maranatha tersebut sangat efesien dan efektif dalam melakukan percepatan IKU di kampus.

Baca Juga: Peningkatan Patroli Sepeda, Sat Samapta Polres Tegal Kota Temukan Banyak Pelanggaran

"Hasil akhir dari program PKKM di Universitas Maranatha itu adalah hari kewirausahaan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X