FEB UKSW Gandeng IKPI, Tambah Wawasan dan Pemahaman Mahasiswa Terkait Perpajakan

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:24 WIB
Ketua Departemen Akuntansi dan Kaprodi Magister Akuntansi FEB UKSW, Prof Dr Theresia Woro Damayanti SE MSi Ak CA dan Ketua IKPI Cabang Semarang Jan Prihadi Surjawidjaja SE CA BKP dalam memberikan MoU antara kedua belah pihak. (suaramerdeka.com / dok)
Ketua Departemen Akuntansi dan Kaprodi Magister Akuntansi FEB UKSW, Prof Dr Theresia Woro Damayanti SE MSi Ak CA dan Ketua IKPI Cabang Semarang Jan Prihadi Surjawidjaja SE CA BKP dalam memberikan MoU antara kedua belah pihak. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggandeng Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) melalui MoU yang ditandatangani Ketua Umum IKPI Drs Mochamad Soebakir dan Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara SE MSc PhD.

MoU UKSW dan IKPI ini untuk menambah wawasan mahasiswa program S-1 dan Magister supaya memiliki pemahaman yang utuh berkaitan dengan perpajakan,

Ketua Departemen Akuntansi dan Kaprodi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UKSE Prof Dr Theresia Woro Damayanti SE MSi Ak CA mengatakan, tujuan dari kerja sama tersebut adalah untuk mendidik mahasiswa dalam memahami segala sesuatu tentang informasi perpajakan dari para praktisi di lapangan yang tergabung dalam IKPI.

"Kami ingin menggabungkan pengalaman secara teoritis dan praktis kepada mahasiswa UKSW supaya mereka memiliki pemahaman yang utuh dari IKPI. Sebab informasi perpajakan yang didapat dari para akademisi dan IKPI pasti berbeda baik secara teori maupun praktik di lapangan. Ini akan menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa," katanya.

Baca Juga: Pemberdayaan UMKM Perlu Terus Ditingkatkan, Masih Minim Pelatihan Promosi Digital

Untuk mendapatkan wawasan baru dan pengalaman berharga tersebut, dalam MoU yang diinisiasi Departemen Akuntansi FEB UKSW tersebut, mereka juga mengundang IKPI untuk memberikan kuliah tamu.

"Sebagai salah satu pengejawantahan MoU tersebut, Sabtu (16/10), kami menggelar seminar yang wajib diikuti oleh mahasiswa tentang peraturan terbaru Harmonisasi Peraturan Perpajakan dan Tax Amnesty Jilid 2 dengan pembicara Vaudy Starworld dari Konsultan Pajak dan Ketua Departemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan IKPI," kata Theresia Woro Damayanti.

Ketua IKPI Cabang Semarang Jan Prihadi Surjawidjaja SE CA BKP menambahkan, sebagai salah satu konsultan pajak tertua dan yang pertama di Indonesia, IKPI ingin membantu pemerintah dalam hal penerimaan pajak sekaligus mengedukasi masyarakat atau wajib pajak supaya pemahaman terhadap sistem perpajakan di Indonesia meningkat.

"Terkadang teori dan praktik di lapangan tidak sejalan. Namun begitu, yang menjadi pedoman utama adalah peraturan perpajakan dan bagaimana kami membagikan pengalaman serta informasi tentang pajak kepada mahasiswa dan masyarakat," Kata Jan Prihadi Surjawidjaja.

Baca Juga: Pemerintah Komitmen Dorong Ekspor Melalui Optimalisasi Berbagai Kebijakan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X