Tantangan Dokter Baru Semakin Beragam Pascapandemi Covid-19

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:36 WIB
Dekan FK Unissula, Setyo Trisnadi, memberikan surat kelulusan dalam sumpah dokter baru di Kampus Kaligawe. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Dekan FK Unissula, Setyo Trisnadi, memberikan surat kelulusan dalam sumpah dokter baru di Kampus Kaligawe. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Fakultas Kedokteran (FK) Unissula Semarang kembali melaksanakan kegiatan sumpah dokter yang dipusatkan di kampus kawasan Kaligawe.

Pada pengambilan sumpah dokter baru ke 119 periode tahun 2021 ini, tercatat diikuti sebanyak 21 orang.

Adapun Dekan FK Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF, mengingatkan semakin beragamnya tantangan yang harus dihadapi lulusan kedokteran dewasa ini.

"Selain tentang semakin berkembangnya penyakit dalam kehidupan manusia, maka tantangan itu juga hadirnya era kenormalan baru pascapandemi virus Covid-19. Para dokter baru diharapkan bisa kembali ke masyarakat membantu penanganan Covid-19, serta pelayanan kesehatan untuk pasien secara umum," kata dia saat memimpin upacara sumpah dokter.

Baca Juga: Pemilihan Rektor USM: Lima Calon Sampaikan Visi Misi

Forum ini juga mengundang Rektor Unissula Bedjo Santoso PhD baru-baru ini, di mana Setyo menambahkan menjadi keharusan di era penyebaran wabah lulusan kedokteran Unissula hadir sebagai teladan.

Selebihnya bagian dari garda terdepan penanggulangan virus yang belum diketahui kapan akan berakhir.

"Tanpa ketinggalan para dokter baru juga menjalani internship atau magang di berbagai tempat pelayanan kesehatan. Jadikanlah ini sebagai ladang pengabdian untuk mendarmabaktikan ilmu dan pengetahuan di tengah masyarakat," kata dia.

Kendati demikian dokter baru diminta tetap meningkatkan kewaspadaan dalam menjalankan aktivitas di masa penyebaran virus.

Baca Juga: PTM SMK NU 04 Patebon Kendal Manfaatkan Smart Class: Tingkatkan Efektivitas Pembelajaran

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X