Teliti Respons Perundungan, Argo Raih Doktor

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:49 WIB
Rektor UPGRIS Dr Muhdi sekaligus penguji memberikan ucapan selamat kepada Chr Argo Widiharto MSi setelah dinyatakan lulus. (sm/dok)
Rektor UPGRIS Dr Muhdi sekaligus penguji memberikan ucapan selamat kepada Chr Argo Widiharto MSi setelah dinyatakan lulus. (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Anak seusia sekolah tingkat dasar tak jarang menerima perlakukan perundungan, baik secara fisik, psikis maupun verbal.

Hal inilah yang melatarbelakangi mahasiswa Program Studi Doktor Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, Chr Argo Widiharto untuk melakukan kajian.

Melalui disertasinya yang berjudul Dinamika Respons Korban Perundungan Siswa Beretnis Jawa, Argo menjelaskan respons korban perundungan pada anak yang beretnis Jawa.

Baca Juga: Mageri Segoro, Polres Tegal Kota Tanam 10.000 Mangrove

"Nilai-nilai atau ajaran budaya Jawa akan menentukan mengapa terdapat respons yang tidak sebenarnya, dan bagaimana korban melakukan perubahan respons antar kejadian perundungan yang dialami," kata Argo setelah ujian terbuka yang diselenggarakan secara daring di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Kamis (14/10).

Hasil penelitian menunjukkan, adanya perubahan respons dari mengekspresikan emosi menjadi menahan emosi atau sebaliknya. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Di antaranya pertambahan usia, durasi perundungan, perundungan berkelompok, kondisi tanpa pengawasan, tidak dapat menahan emosi dan adanya nasihat dari guru atau orang tua.

Menurut Argo, perundungan yang dialami korban disebabkan oleh perbedaan kondisi fisik, karakter, penampilan fisik dan status sosial.

Baca Juga: Kanker Payudara Mengancam Perempuan Usia Muda, Perlu Upaya Preventif yang Masif Lewat Edukasi

"Hasil penelitian ini memberikan pemahaman tentang dinamika respons perundungan siswa beretnis Jawa, yang dipengaruhi oleh kepatuhan siswa terhadap nasihat guru dan orangtua. Kepatuhan ini terkait dengan budaya Jawa yang harus menghormati dan menghargai orang yang lebih tua," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

PBI UPGRIS Sukses Gelar 3 Program Kampus Merdeka

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:22 WIB
X