Teknologi Tepat Guna, Kunci Peternak Kambing Dapat Susu dengan Kualitas Terbaik

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:15 WIB
Tim Dosen Polines berada di Desa Barukan Kecamatan Tengaran Semarang untuk memantau penerapan rekayasa teknologi membantu peternak susu kambing. (suaramerdeka.com / dok)
Tim Dosen Polines berada di Desa Barukan Kecamatan Tengaran Semarang untuk memantau penerapan rekayasa teknologi membantu peternak susu kambing. (suaramerdeka.com / dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Tim Dosen Polines membuat rekayasa di bidang teknologi informasi untuk membantu petani susu perah di Desa Barukan Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang.

Salah satu kunci mendukung peternak kambing mendapatkan susu dengan kualitas terbaik adalah teknologi tepat guna.

"Aktivitas para dosen Polines ini sehubungan membantu mitra peternak agar mendapatkan hasil produksi susu kambing yang maksimal," tutur Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Polines, Muhlasah Novitasari Mara, di lokasi Desa Barukan.

Di tempat itu staf pengajar perguruan tinggi vokasi tersebut menggandeng peternakan kambing Mitra Agro Abadi Farm yang merupakan peternakan kambing perah jenis Sapera dengan hasil utama adalah susu.

Baca Juga: Hamil Anak Pertama, Siti Badriah: Masih Ngerasa Nggak Percaya

Sejauh ini Mitra Agro Abadi Farm menggunakan cara manual untuk memantau kondisi kandang yakni dengan cara mengira-ngira perubahan suhu, kelembapan dan perubahan gas amonia.

Padahal ketiga faktor tersebut harus diperhatikan dalam bisnis peternakan kambing perah agar mendapatkan susu dengan kualitas yang baik.

"Suhu udara yang tinggi di atas 30 derajat celcius akan mengakibatkan kambing stres sehingga berdampak pada kuantitas dan kualitas produksi susu," imbuh anggota tim Sarono Widodo baru-baru ini.

Selain itu tingkat stres akibat panas juga bisa menurunkan kekebalan tubuh sehingga kambing rentan terhadap penyakit, bahkan berisiko kematian hewan ternak.

Baca Juga: Laporan Keuangan Semakin Baik, Demak Lima Kali Raih WTP

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilihan Rektor USM: Lima Calon Sampaikan Visi Misi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:24 WIB

Menuju 40 Tahun, UWM Miliki Kampus Baru

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:00 WIB

Teliti Respons Perundungan, Argo Raih Doktor

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:49 WIB
X