Mahasiswa Rusia Tertarik Pelajari Hukum dan Budaya Lokal di UPS Tegal

- Senin, 11 Oktober 2021 | 19:12 WIB
Kepala Kerjasama dan Urusan Internasional UPS Tegal Dr Yoga Prihatin MPd, saat memberi mata kuliah Budaya Lokal Tegal dihadapan mahasiswa MCU Samara Rusia, secara online.(suaramerdeka.com/Riyono Toepra)
Kepala Kerjasama dan Urusan Internasional UPS Tegal Dr Yoga Prihatin MPd, saat memberi mata kuliah Budaya Lokal Tegal dihadapan mahasiswa MCU Samara Rusia, secara online.(suaramerdeka.com/Riyono Toepra)

TEGAL, suaramerdeka.com - Berbagai produk hukum yang tertuang di sejumlah kitab undang-undang dan keanekaragaman budaya lokal di Indonesia, menarik perhatian mahasiswa asing.

Salah satunya dari mahasiswa Moscom City University (MCU) Samara Rusia, yang tertarik mempelajari hukum dan budaya lokal di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti (UPS) Tegal.

Lewat program ''A Week Online Sit In Program'', atau program kuliah online selama sepekan di UPS Tegal, sebanyak 18 mahasiswa dari Negeri Beruang Merah itu, mempelajari sejumlah hukum di tanah air.

Baca Juga: Apotek Margahusada Unit Kartasura, Periksa Kesehatan Gratis Pedagang dan Tukang Becak

Mereka, antara lain, mendapatkan mata kuliah ''Introduction to Legal System in Indonesia'', ''Tax Law in Indonesia, Constitutional Law in Indonesia'', ''Agrarian Law in Indonesia'', dan ''Criminal Law in Indonesia''.

''Selain mempelajari berbagai undang-undang ini, mahasiswa asing dari Rusia tersebut, juga belajar budaya lokal. Khususnya seni budaya dari Tegal dan sekitar. Mereka begitu antusias mempelajari hukum dan budaya lokal. Terlihat dari berbagai pertanyaan dan pernyataan yang disampaikan dalam tiap perkuliahannya,'' terang Dekan Fakultas Hukum UPS Tegal Dr Achmad Irwan Hamzani MAg.

Dia mengungkapkan, perkuliahan daring yang telah dimulai sejak tanggal 20 September hingga 25 September 2021, merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara UPS Tegal dan MCU Samara Rusia.

Baca Juga: Hendi Komitmen Upayakan Hak Anak-Anak Penyadang Disabilitas

Demikian sebaliknya, UPS Tegal mengirim 6 mahasiswanya belajar selama satu semester di Moscow City University Samara Rusia, yang telah ditandatangani bersama beberapa waktu lalu.

Berkait dengan program tersebut, Dr Achmad Irwan Hamzani menambahkan, pihaknya telah lama menyiapkan sejumlah perangkat pendukung. Mulai dari program perkuliahan yang diterapkan, teknologi komunikasi, hingga sumberdaya manusia (SDM) yang dibutuhkan, dengan kualitas internasional.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

UPGRIS-Dokkes Polda Jateng Gelar Vaksinasi Lanjutan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X