Kampus Angkat Uwi Ungu Jadi Bahan Pangan Utama Bermanfaat bagi Kesehatan

- Senin, 11 Oktober 2021 | 08:24 WIB
Dosen Unimus mengolah bahan Uwi Ungu untuk kepentingan riset baru-baru ini. (suaramerdeka.com / dok)
Dosen Unimus mengolah bahan Uwi Ungu untuk kepentingan riset baru-baru ini. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Uwi Ungu merupakan produk umbi-umbian lokal Jawa Tengah yang sangat melimpah dan hingga saat ini belum termanfaatkan secara optimal.

Uwi Ungu sejauh ini masih sebatas diolah dengan cara direbus atau hanya digoreng saja, sehingga Kampus memberikan perhatian terhadap keberadaan tanaman ini untuk dijadikan sebagai bahan pangan utama.

"Pusat Studi Gizi dan Pangan Halal (PSGH) Unimus di bawah arahan LP2M yang dipimpin oleh Dr Purnomo melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat secara kolaborasi. Ini menggandeng Prodi Gizi Unimus, Prodi Gizi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD) dan Prodi Gizi ITS PKU Surakarta," kata tim pelaksana riset Dr Sufiati Bintanah baru-baru ini.

Semestinya Uwi Ungu diangkat sebagai komoditas pangan fungsional yang berkualitas.

Baca Juga: Proyek Strategis Nasional PLN Rampung, Listrik Jawa Timur Kian Andal

Penelitian kolaborasi antara PSGH Unimus, UAD dan ITS PKU Surakarta juga bertujuan mencari bukti empiris formula terbaik dengan melihat peran kandungan prebiotik dan aktivitas antioksidan yang ada pada Uwi Ungu.

Kandungan semacam itu manfaatnya mengurangi risiko lemak darah, menurunkan kadar gula darah, serta memperbaiki tekanan darah.

Selebihnya dapat memperbaiki status gizi untuk nantinya digunakan membuat berbagai produk makanan dan minuman yang beraneka ragam.

Diinginkan melalui riset ini bisa mengangkat potensi pangan lokal, dan selebihnya mendukung potensi ekonomi petani uwi dengan cara membuat ragam pangan olahan.

Baca Juga: Gus Baha Trending, Pengamat: Sentilan Warganet Buat Kepemimpinan PBNU

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UPGRIS-Dokkes Polda Jateng Gelar Vaksinasi Lanjutan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X