Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Gelar Konferensi Internasional, Cari Solusi Dampak Pandemi

- Senin, 11 Oktober 2021 | 09:24 WIB
Fakultas Dakwah IAIN Salatiga mengadakan konferensi internasional bertajuk International Conference on Interdisciplinary Communication, Management, and Psychology (Icicomep)  secara online,  pekan lalu. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)
Fakultas Dakwah IAIN Salatiga mengadakan konferensi internasional bertajuk International Conference on Interdisciplinary Communication, Management, and Psychology (Icicomep) secara online, pekan lalu. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Fakultas Dakwah IAIN Salatiga mengadakan konferensi internasional bertajuk International Conference on Interdisciplinary Communication, Management, and Psychology (Icicomep) secara online, pekan lalu.

Seminar ini dari IAIN Salatiga ini mengajak para akademisi, peneliti, dan praktisi membicarakan permasalahan tersebut serta mencari solusi atas keresahan dan permasalahan dalam berbagai kalangan masyarakat, baik itu masalah kesehatan mental, ekonomi, keharmonisan dan lain sebagainya, akibat dari Pandemi Covid-19.

Dekan Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Dr Mukti Ali MHum dalam sambutan selamat datangnya menjelaskan bahwa, Icicomep diadakan untuk menjadi wahana berkumpunya insan akademik, untuk bertukar informasi, berdialog tentang konsep, negosiasi pengalaman pemikiran yang berdiri di dalam bingkai keilmuan.

Icicomep menueutnya, adalah hasil renungan yang memiliki relasi konseptual pada semua Program studi yang ada di Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Manajemen Dakwah (MD), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan Psikologi Islam (PI).

Baca Juga: Ini Tiga Cara Sedekah yang Efektif

"Ini sekaligus manifestasi dari jurnal yang dimiliki oleh Fakultas Dakwah, yakni Interdisciplinary Journal of Communication (INJECT), Islamic Management and Empowerment Journal (IMEJ), dan Indonesian Journal of Islamic Psychology (IJIP). Event ini akan menjadi program tahunan tengan mengusung berbagai tema yang berkembang," ucapnya.

Rektor IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin Baidhawy MAg mengantarkan dan membuka konferensi dengan sangat jelas, sekaligus mengapresiasi penyelenggaran ini.

"Tema ini sangat kontekstual menjawab masalah pandemic covid-19 saat ini. Banyak masalah psikis karena hilangnya pekerjaan, banyak mahasiswa ketergantungan gadget dan persoalan lainnya. Sehingga butuh pendekatan komunikasi, psikologi, dakwah serta pemberdayaan untuk mencapai ketahanan komunal," ujar Zakiyuddin.

Dr Roslan Abdul-Rahman berkesempatan pertama untuk membahas tentang komunikasi yang terjadi pada masyarakat di era pandemi dan resiliensi.

Baca Juga: Kejujuran dalam Berkarya Adalah Segalanya bagi Komposer

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
X