Ini Sembilan Fakta Bahasa Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 14:18 WIB

suaramerdeka.com - Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang digunakan masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi.

Bahasa Indonesia mendapatkan pengakuan sebagai "bahasa persatuan bangsa" pada saat Kongres Pemuda II pada  28 Oktober 1928 yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Bahasa Indonesia saat ini, menjadi salah satu bahasa yang banyak dipelajari selain Bahasa Inggris, Mandarin, dan hindi, dan lain-lain.

Baca Juga: 30 Guru SMPIT Izzatul Islam Dapat Pelatihan Augmented Reality dari Unnes

Tidak heran, Bahasa Indonesia menjadi salah satu yang populer untuk dipelajari bagi para penutur bahasa asing.

Selain itu, karena dikenal dunia warganya memiliki sikap yang sangat ramah kepada warga asing, banyak yang membuat warga negara asing sangat tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia.

Berikut merupakan fakta mengenai Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Seluruh Peserta Seleksi Guru PPPK Mendapat Afirmasi 10 Persen, Nadiem: sebagai Sertifikat Pendidik

1. Termasuk 10 Besar Bahasa Tersulit Dikenal

Penelitian di London School of Science and Technology, yang dipimpin oleh Hedvig Skirgard, pernah membahas tentang kualitas rekaman audio untuk menebak bahasa yang digunakan oleh seseorang.

Salah satu yang disimpulkan pada penelitian tersebut adalah kualitas rekaman audio bisa memengaruhi perkiraan menebak sampai 78 bahasa yang dimainkan.

Menariknya, hasil dari penelitian tersebut ternyata bahasa Indonesia masuk dalam peringkat ke-10 sebagai bahasa yang paling sulit dikenali lewat rekaman audio itu.

Salah satu alasannya adalah karena logat bahasa Indonesia yang cenderung lurus dan terkesan tidak memiliki irama dalam pengucapannya.

Untuk sembilan bahasa lain yang sulit dikenal rekaman audio itu antara lain Kanada, Fiji, Shona, Dinka, Hausa, Tigrinya, Efate Selatan, Dari, dan Maltese.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X