Program SMK PK, Kemendikbudristek Tunjuk Upgris Pelaksana Pendampingan

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Wakil Rektor I UPGRIS, Dr Sri Suciati memberikan arahan pada kegiatan Forum Group Discussion UPGRIS dengan sekolah mitra program SMK PK di kampus tersebut, Rabu (27/10). (SM/Eko Fataip)
Wakil Rektor I UPGRIS, Dr Sri Suciati memberikan arahan pada kegiatan Forum Group Discussion UPGRIS dengan sekolah mitra program SMK PK di kampus tersebut, Rabu (27/10). (SM/Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menunjuk Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) sebagai salah satu perguruan tinggi pelaksana pendampingan dalam program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) 2021.

Wakil Rektor I UPGRIS, Dr Sri Suciati mengemukakan, SMK PK meruakan salah satu program prioritas Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek.

Karena itu, pihaknya serius melakukan pendampingan terhadap enam sekolah mitra di Jawa Tengah.

Baca Juga: PDIP Sadar Ada yang Manfaatkan Isu Pencapresan untuk Ganggu Kerja Partai

"Tidak semua perguruan tinggi ditunjuk melakukan pendampingan. Kami serius memberikan pendampingan, agar program yang diusulkan ke kementrian bisa dicapai serta mampu menjadi SMK unggulan," kata Sri saat membuka Forum Group Discussion UPGRIS dengan sekolah mitra program SMK PK di kampus tersebut, Rabu (27/10).

Pihaknya pun meminta agar sekolah mitra memanfaatkan momen ini secara baik, dengan mengembangkan diri sesuai dengan keunggulan lokal di masing-masing wilayah.

Adapun keenam sekolah tersebut yakni SMK Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang, SMK Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal, SMK PGRI Kuwu Kabupaten Grobogan, SMK Al Mubaarok Kabupaten Rembang, SMK NU 06 Muallimin Weleri Kabupaten Kendal dan SMK Islam Al Fadhila Kabupaten Demak.

Untuk diketahui, SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, industri, dan dunia kerja.

Baca Juga: Ganjar: Sikapi Fenomena Alam dengan Ilmu Titen

Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang memenuhi kriteria. Program tersebut bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X