Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UKSW Salatiga, Mengulas Sejarah lewat Kartu Pos Hindia Belanda

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 15:11 WIB
DIALOG : Diskusi dan dialog peluncuran buku karya Dr Tri Widiarto MPd dan Christopher Tampenawas via zoom meeting menarik diulas. (suaramerdeka.com/Surya Yuli)
DIALOG : Diskusi dan dialog peluncuran buku karya Dr Tri Widiarto MPd dan Christopher Tampenawas via zoom meeting menarik diulas. (suaramerdeka.com/Surya Yuli)

 

SALATIGA, suaramerdeka.com - Upaya mengulas sejarah Hindia Belanda di Indonesia dilakukan oleh dosen Sejarah FKIP UKSW Salatiga, Dr Tri Widiarto MPd dan mahasiswanya Christopher Tampenawas.

Menariknya, ulasan perkembangan sejarah tersebut berdasarkan koleksi kartu pos milik Christopher, yang diterbitkan di era Hindia Belanda.

Ulasan mereka itu kemudian didokumentasikan dalam buku berjudul Kartu Pos Zending : Potret Penginjilan Zending di Hindia Belanda.

''Buku ini sangat menarik, karena baru kali pertama merefleksikan sejarah lewat koleksi kartu pos Hindia Belanda,'' kata Kaprodi Pendidikan Sejarah UKSW Dr Sunardi MPd, saat launching buku Kartu Pos Zending : Potret Penginjilan Zending di Hindia Belanda, Jumat (8/10).

Baca Juga: Kondisi Tukul Arwana Mulai Membaik, Manajer: Sudah Bisa Tertawa

Acara itu dimoderatori Juliana Mangngi STh MPd (STT Paulus Jakarta).

Diakuinya tidak mudah membuat karya buku seperti itu. Buku tersebut bisa bermanfaat dan menjadi bahan cerita sejarah menarik bagi pelajar dan mahasiswa, dan pecinta sejarah di Tanah Air.

Tri Widiarto menjelaskan, inspirasi pembuatan buku tersebut berdasarkan koleksi kartu pos milik Christopher Tampenawas.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X