Kolaborasi Kampus Industri Cegah Risiko Stunting di Jateng

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 11:12 WIB
Sekjen CPFI, Andi Magdalena Siadari,menyerahkan bantuan paket telur secara simbolis kepada Lurah Peterongan Maria Sri Hastuti. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Sekjen CPFI, Andi Magdalena Siadari,menyerahkan bantuan paket telur secara simbolis kepada Lurah Peterongan Maria Sri Hastuti. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Fakultas Psikologi Undip bergandengan tangan dengan Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) memberikan perhatian atas upaya penanggulangan dan menekan angka stunting di Jawa Tengah.

Kolaborasi ini bermuara pada program pengasuhan positif keluarga dan pembagian asupan gizi sehat berupa paket telur untuk warga yang membutuhkan.

“Sinergi ini sejalan dengan kegiatan pengabdian masyarakat di lingkungan Fakultas Psikologi Undip. Tim dosen melaksanakan program Iptek Bagi Desa Binaan Undip (IDBU). Di dalamnya mencakup tema pengasuhan positif dan bina keluarga muda (P2BKM) untuk membentuk generasi antistunting dan sehat mental di Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan,” kata Ketua Tim Dosen Fakultas Psikologi Dr Hastaning Sakti Selasa 5 Oktober 2021.

Dia berbicara di sela penyerahan bantuan telur dan buku saku pengasuhan positif berbasis Pancasila Fakultas Psikologi Undip di Kantor Kelurahan Peterongan.

Baca Juga: Presiden Minta Produktivitas Pertanian Papua Barat Ditingkatkan, Ini Langkah dari Mentan

Hadir Dekan Fakultas Psikologi Prof Dian Ratna Sawitri PhD, Wakil Ketua LPPM Undip Prof Dr Rahayu, Sekjen CPFI Andi Magdalena Siadari, Lurah Peterongan Maria Sri Hastuti, serta unsur Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Hastaning menambahkan, stunting sangat penting untuk dicegah karena dampaknya sulit diperbaiki dan merugikan perkembangan anak.

Secara khusus, penyebab anak mengalami stunting adalah status gizi buruk ibu hamil dan bayi.

Selain itu, fakor risiko yang dapat memicu terjadinya gizi buruk, antara lain sanitasi dan juga akibat pengasuhan yang tidak memahami kebutuhan anak secara mendasar.

Baca Juga: HUT Ke-70 Kulon Progo, Bupati Pimpin Aksi Bersih-bersih Sampah di Pantai

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X