Bekal Ikuti PTM, Siswa Sekolah Dasar Diedukasi Cuci Tangan

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:02 WIB
Tim SMC RS Telogorejo Semarang memberikan edukasi cuci tangan kepada siswa-siswi sekolah dasar di SD Negeri Lamper Kidul 02. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)
Tim SMC RS Telogorejo Semarang memberikan edukasi cuci tangan kepada siswa-siswi sekolah dasar di SD Negeri Lamper Kidul 02. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah siswa sekolah tingkat dasar mendapat edukasi cara mencuci tangan dengan baik dan benar di SD Negeri Lamper Kidul 02, Selasa, 5 Oktober 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan SMC RS Telogorejo Semarang dan Dinas Pendidikan Kota Semarang tersebut diikuti 40 siswa, yang merupakan perwakilan dari 20 sekolah dasar di Kota Semarang.

Mereka tidak hanya diajarkan secara teori, namun juga praktik.

Baca Juga: Pelajar Harus Jadi Pelopor Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Ita Zonia Wisudasari, mewakili SMC RS Telogorejo mengemukakan, kegiatan edukasi ini bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun rumah sakit tersebut ke-70, sekaligus memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia.

"Kami menyelenggarakan kegiatan kampanye kebersihan tangan yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kepatuhan kebersihan tangan bagi anak sekolah," kata Ita.

Pihaknya berharap, edukasi cuci tangan bisa sebagai bekal untuk anak sekolah dalam menyiapkan diri memulai kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Baca Juga: Milad Ke-20 Bina Amal Semarang, Webinar Nasional Menjadi Sajian Penutup

Selain itu, anak dapat menambah wawasan tentang pentingnya kebersihan tangan dan menanamkan budaya cuci tangan sedari dini.

"Anak-anak juga diberi pemaparan teori tentang kebersihan tangan dan kemudian praktek di air mengalir untuk meningkatkan antusias anak-anak dalam menyerap informasi," imbuhnya.

Menurutnya, kebersihan tangan adalah hal penting untuk mencegah penyebaran penyakit menular, dan merupakan tindakan pengendalian infeksi kunci yang direkomendasikan selama pandemi.

"HUT SMC RS Telogorejo biasa diperingati pada 25 November setiap tahunnya. Puncak dari kegiatan ini lomba video cuci tangan untuk seluruh SD," ujarnya.

Kepala SD Negeri Lamper Kidul 02, Suhartini menyatakan, pihaknya belum lama ini sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Hanya siswa Kelas 5 dan 6 yang diperbolehkan mengikuti PTM.

"Pelaksanaannya kami lakukan dengan prokes yang ketat. Secara sarana prasarana kami sudah dianggap layak. Satu ruang kelas hanya diisi 50 persen," ujarnya.

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Nasima Jalin Kerja Sama dengan Cambridge

Minggu, 21 November 2021 | 21:38 WIB

ANBK Gantikan UNBK, Apa Perbedaan Keduanya?

Selasa, 16 November 2021 | 16:35 WIB
X