Pemikiran Kiai Sholeh Darat Diangkat Sebagai Kajian Riset Modern

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 08:12 WIB
Doktor lulusan Unwahas, Slamet Hidayat, berfoto bersama tim penguji selepas ujian terbuka di Gedung Fakultas Kedokteran Kampus Nongkosawit Gunungpati. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Doktor lulusan Unwahas, Slamet Hidayat, berfoto bersama tim penguji selepas ujian terbuka di Gedung Fakultas Kedokteran Kampus Nongkosawit Gunungpati. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemikiran Kiai Muhammad Sholeh Darat Al Samarani diangkat ke dalam sebuah riset modern.

Hal ini mendasari kiprah ulama ternama zaman dahulu itu termasuk pemikirannya yang dianggap berperan penting mengembangkan dakwah dan pendidikan Islam dari zaman ke zaman.

“Kiai Muhammad Sholeh Darat memiliki banyak karya monumental ilmiah dan klasik yang dapat dijadikan obyek kajian baik pada masanya maupun generasi berikutnya," kata mahasiswa Program Doktor Ilmu Pendidikan Islam Unwahas, Slamet Hidayat, yang memiliki ketertarikan mengkaji pemikiran Kiai Sholeh Darat.

"Ketokohan Kiai Sholeh Darat diakui luas karena kealiman di bidang ilmu keagamaan dan menjadi maha guru para ulama ternama di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga: Tembang Nostalgia - Wild World, Kekhawatiran Cat Stevens pada Kekasihnya

Secara keseluruhan riset Slamet tertuang dalam disertasi berjudul “Pemikiran Kiai Muhammad Sholeh Darat Al Samarani Tentang Pendidikan Islam dalam Kitab Minhajal Al Atqiya Fi Syarh Marifah Hidayah Al Adzkiya Ila Thariq Al Auliya”.

Penelitian ini juga bagian dari langkah mengumpulkan pemikiran Simbah Kiai Sholeh Darat yang masih bertebaran tentang Pendidikan Islam.

Perlu dilakukan rekontruksi keilmuan supaya pemikiran tersebut semakin utuh dan sistematis mendukung kemajuan pendidikan dan syiar agama Islam.

“Peneliti tertarik mengkaji pemikiran Kiai Sholeh Darat karena beliau sangat peduli dengan kondisi sosial masyarakat. Dia menerjemahkan kitab berbahasa Arab ke bahasa Jawa pegon sehingga mudah dicerna oleh kalangan umat Islam ketika itu,” katanya.

Baca Juga: Event Balap Sepeda Gunung Digelar Jawab Kerinduan Rider

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X