Pelajar Harus Jadi Pelopor Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

- Senin, 4 Oktober 2021 | 18:45 WIB
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Dr Ganjar Harimansyah ajak siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Dr Ganjar Harimansyah ajak siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Masyarakat Indonesia terutama para pelajar, harus menjadi pelopor penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bahasa Indonesia harus diutamakan dalam berkomunikasi sehari-hari, sebagai Bahasa Negara.

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Dr Ganjar Harimansyah saat digelar Bengkel Literasi Kebahasaan dan Kesastraan di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, Minggu (3/10).

Baca Juga: Tren Penurunan Jumlah Kasus Berlanjut, Upaya Pengendalian Covid-19 Harus Konsisten

Kegiatan menyambut Peringatan Bulan Bahasa itu diikuti puluhan siswa SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga, sebagai bagian kampanye penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, melalui ''Gim Petualangan Sima: Memadankan Kata Menyambungkan Rasa''.

Untuk itu siswa SMP Muhammadiah Plus Salatiga harus bisa menggunakan dan menyosialisasikan penggunaan kosa kata dan tanda baca yang tepat, dalam bentuk penulisan.

''Kita harus dapat mengutamakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehati-hari sebagai bahasa nasional negara kita. Menguatamakan Bahasa Indonesia telah diatur secara sah dalam undang-undang, maka dari itu sebagai pelajar kita harus bisa menjadi pelopor penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,'' kata Ganjar Harimansyah.

Baca Juga: Surati Bloomberg Philanthropies, Anies Baswedan Bikin Jakarta 100 Persen Bebas Iklan Rokok

Adapun kegiatan itu dipandu Duta Bahasa Jawa Tengah 2019, Ida Fitriyah SPd, dan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah 2021, Zalfaa Azalia Pursita dan Asyif Awaludin Romadhoni.

Zalfaa dan Asyif pada Oktober ini akan maju pada ajang yang sama di tingkat Nasional.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Nasima Jalin Kerja Sama dengan Cambridge

Minggu, 21 November 2021 | 21:38 WIB

ANBK Gantikan UNBK, Apa Perbedaan Keduanya?

Selasa, 16 November 2021 | 16:35 WIB
X