Guru SMK Jambu Ini Diminta Kemendikbudristek Mengajar di Pontianak

- Kamis, 30 September 2021 | 11:43 WIB
Guru Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang, Muhamad Ali Sodikin SPd, mendapat kepercayaan dari Kemendikbud-Ristek mengajar di SMK Negeri 7 Pontianak. (suaramerdeka.com / dok)
Guru Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang, Muhamad Ali Sodikin SPd, mendapat kepercayaan dari Kemendikbud-Ristek mengajar di SMK Negeri 7 Pontianak. (suaramerdeka.com / dok)

PONTIANAK, suaramerdeka.com - Guru Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang, Muhamad Ali Sodikin SPd, mendapat kepercayaan dari Kemendikbudristek mengajar di SMK Negeri 7 Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu 29 September 2021.

Ali Sodikin berbagi pengalaman dalam melaksanakan best practice pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 7 Pontianak.

Ali menceritakan bahwa dalam best practice-nya selama pandemi pada tahun ajaran lalu, membuat sebuah proyek wirausaha dalam satu tahun.

Dia memberikan kegiatan dan pengalaman belajar bagi peserta didiknya, melalui home based learning (HBL), di mana setiap siswa ditargetkan harus mampu membuka usaha dan berjalan dengan baik.

Baca Juga: PON XX Papua: BNPB Kuatkan Protokol Kesehatan, Bagikan 5.000 Masker

''Hasilnya di luar dugaan karena ada sekitar 20 siswa pada 8 kelas yang diampunya, memiliki usaha produktif dan mendapatkan omzet menguntungkan. Siswa berusaha di bidang kuliner, menjual burung kicau, gula merah, bengkel cat motor, bahkan membuat kerajian furnitur dari kayu limbah pallet,'' ungkap Ali.

Menurut Ali, pendidikan hendaknya memberikan dampak kebermanfaatan dan menjadikan peserta didik sebagai solusi permasalahan untuk dirinya dan lingkungannya.

Meskipun dengan memodifikasi kurikulum di masa pandemi ini.

Diterangkannya, yang harus dilakukan para pendidik adalah beradaptasi secara fleksibel di masa pandemi, dalam memberikan materi yang relevan.

Baca Juga: APPBI Harap Kementerian Beri Kelonggaran Pusat Perbelanjaan Agar Dapat Beroperasi Normal

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Nasima Jalin Kerja Sama dengan Cambridge

Minggu, 21 November 2021 | 21:38 WIB
X