Startup 'JasTukang', Jembatani Tukang Serabutan dan Warga Pengguna Jasa

- Selasa, 28 September 2021 | 08:24 WIB
Startup 'JasTukang'. (suaramerdeka.com / dok)
Startup 'JasTukang'. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pemanfaatan teknologi berbasis internet dapat mempermudah menghubungkan antara pencari jasa dan pemilik keahlian.

Hal tersebut menjadi ide dari tim pengabdian masyarakan yang dikerjakan mahasiswa dan dosen program studi Diploma Teknik Informatika (TI-D3) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Ketua Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat TI-D3 Udinus Dr. Fikri Budiman mengatakan ide tersebut dituangkan dalam sebuah startup untuk menjembatani kebutuhan pekerjaan para tenaga kerja serabutan perbaikan rumah.

Seperti memperbaiki atap bocor, pengecatan tembok rumah, memasang keramik rumah, mengganti keramik rumah, memasang ternit, memperbaiki ternit rusak dengan masyarakat yang membutuhkan jasa mereka.

Baca Juga: Bahasa Arab Sebaiknya Dijadikan Bahasa untuk Kepentingan Manusia

“Sektor jasa perbaikan rumah merupakan sebuah pekerjaan yang hampir setiap orang membutuhkan, terutama di perkotaan," kata dia.

Startup dengan nama “JasTukang” dalam bentuk aplikasi berbasis web tersebut sangat membantu para pencari tenaga kerja serabutan yang profesional di sekitar wilayahnya.

"Selain itu membantu tenaga serabutan tersebut menjadi lebih profesional dengan fasilitas startup yang akan dikembangkan ini, yaitu berupa promosi jasa mereka dan mempermudah mendapatkan pengguna jasa mereka,”jelasnya.

Ia mengatakan bahwa pelatihan startup akan diberikan secara intensif kepada para tenaga kerja buruh yang tergabung dalam startup ini.

Baca Juga: Inilah Tujuh Tips dan Trik Memasak Anti Gagal bagi Pemula

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PDIL Unika Lahirkan Doktor Ilmu Lingkungan Pertama

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:45 WIB
X